Penerimaan Polri 2024 Dibuka, Ini Perbedaan Pendaftaran Akpol, Bintara dan Tamtama

Tribratanews.ntb.polri.go.id  – Penerimaan Polri Tahun 2024 resmi dibuka untuk Akademi Polisi (Akpol), Bintara, dan Tamtama. Pendaftaran dilakukan dengan registrasi online di tautan https://penerimaan.polri.go.id/ dan verifikasi ke Polres atau Polda setempat.

Meskipun dibuka untuk tiga pangkat berbeda, calon anggota Polri hanya diperbolehkan mengikuti 1 jalur seleksi. Sehingga jika sudah memilih jalur Akpol, peserta tidak bisa mendaftar Bintara Polri ataupun Tamtama Polri begitupun dengan sebaliknya.

Untuk itu, yuk kenali lebih dekat Penerimaan Polri 2024 berikut ini

 

Perbedaan Akpol, Bintara, dan Tamtama 

 

1. Akademi Polisi (Akpol)

Rekrutmen ini merupakan penerimaan calon Perwira Pertama Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA) melalui pendidikan pembentukan taruna/taruni Akpol. Para taruna/taruni ini akan menjalani pendidikan selama 4 tahun di Akpol Lemdiklat Polri Semarang, Jawa Tengah.

Pendaftarannya bisa diikuti oleh seluruh warga Negara Indonesia baik pria atau wanita berumur paling rendah 18 tahun. Selain itu, peserta harus memenuhi syarat khusus pendidikan dengan maksimal kelulusan tahun 2019. Informasi terkait syarat lengkapnya bisa dilihat di sini.

2. Bintara Polri

Rekrutmen Bintara Polri menghasilkan pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda) melalui pendidikan pembentukan Bintara Polri. Berbeda dengan Akpol yang menjalani pendidikan hingga 4 tahun, Bintara Polri hanya menempuh pendidikan selama 5 bulan.

Selain itu bila Akpol dibuka hanya untuk lulusan SMA, Bintara Polri terbuka bagi lulusan SMA/sederajat dan lulusan perguruan tinggi dari program D1-S1. Kuota pendaftaran untuk seleksi Bintara Polri Gelombang II 2024 sebanyak 12.800 orang yang dibagi ke lima posisi.

Kelimanya adalah Bintara Polisi Tugas Umum (PTU), Bintara Kompetensi Khusus Tenaga Kesehatan (Nakes), Bintara Kompetensi Khusus Hukum, Bintara Kompetensi Khusus Kehumasan/TI, Bintara Kompetensi Khusus Pariwisata. Untuk informasi lebih lengkap bisa dilihat di sini.

3. Tamtama Polri

Penerimaan Tamtama Polri menjadikan insan polisi dengan pangkat Bhayangkara Dua (Bharada) melalui pendidikan pembentukan Tamtama Polri. Kuota yang dibuka untuk seleksi kali ini adalah 1.600 orang dengan masa pendidikan 5 bulan.

Bila Akpol dan Bintara terbuka untuk seluruh WNI baik pria ataupun wanita, Tamtama hanya terbuka untuk para pria. Usia minimal pendaftaran adalah 17 tahun 7 bulan dan maksimal 22 tahun dengan ijazah serendah-rendahnya lulusan SMA/sederajat.

Informasi lengkap terkait Penerimaan Polri  untuk Akpol, Bintara dan Tamtama dapat dilihat  di sini.