Pastikan Ketersediaan BBM Aman Jelang Lebaran, Polisi Cek SPBU di Lombok Tengah

TBNews.ntb. – Guna Memastikan Ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jelang lebaran Idul Fitri 1445 Hijriyah serta sebagai langkah antisipasi praktik kecurangan dalam tata niaga BBM,  Pihak Kepolisian melakukan pengecekan terhadap sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ada di Kabupaten Lombok Tengah.

“Kami (Polri) mengecek dan memeriksa beberapa SPBU di wilayah hukum Polres Lombok Tengah guna menghindari praktik kecurangan serta memastikan ketersedian bahan bakar disaat tingginya permintaan BBM oleh masyarakat saat ini,” kata Kapolres Lombok Tengah AKBP Iwan Hidayat, SIK di Praya, Selasa (02/04).

Pengecekan tersebut, sambung Pucuk Pimpinan Tertinggi Polres Lombok Tengah itu, dilakukan petugas Kepolisian sebagai langkah antisipasi mengingat sudah ditemukan beberapa kasus adanya SPBU menjual BBM yang dicampur dengan air, sehingga merugikan konsumen.

Baca Juga : Kapolres Lombok Tengah Janji Akan Tindak Tegas Anggotanya Apabila Terbukti Lakukan Pungli

Hal ini, sesuai dengan petunjuk dan arahan dari bapak Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo agar seluruh jajaran Kepolisian dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, khususnya pada bulan suci Ramadhan serta menjelang mudik Lebaran Tahun 2024 ini.

“Kita lakukan ini untuk menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif di bulan Ramadhan dan menjelang mudik lebaran. Jangan sampai ditemukan adanya kecurangan di wilayah Kabupaten Lombok Tengah ini dalam penjualan BBM yang dapat merugikan konsumen,” ujarnya.

Dalam pelaksanaannya, pihak kepolisian melakukan pengecekan mulai dari mesin pompa di SPBU hingga tangki tanam di masing – masing SPBU. Dari hasil pengecekan tersebut, Polisi tidak menemukan adanya praktek kecurangan dalam proses penjualan BBM di sejumlah SPBU yang ada di Lombok Tengah.

“Kami (Polri) saat pengecekan tadi juga mengimbau para pengusaha SPBU untuk tidak melakukan kecurangan yang dapat merugikan konsumen, apabila ditemukan maka kami tidak segan-segan menindak tegas para pelaku,” tandas Kapolres Lombok Tengah.