Razia Polisi dan BNN Sumbawa Barat Jaring 4 Wanita Pemandu Lagu Positif Sabu

TBNews.ntb. – Empat perempuan pemandu lagu di salah satu kafe di Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), positif sabu saat terjaring razia penertiban tempat hiburan malam yang dilakukan Sat Resnarkoba Polres Sumbawa bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Minggu (18/02/2024) pukul 00:05 Wita.

Razia ini sebagai upaya pencegahan terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkotika serta penertiban di wilayah hukum Polres Sumbawa Barat, Sat Resnarkoba Polres Sumbawa Barat bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sumbawa Barat melaksanakan operasi di tempat-tempat hiburan malam.

Dalam operasi tersebut, petugas yang terdiri dari Tim Opsnal Sat Resnarkoba dan BNN Kabupaten Sumbawa Barat melakukan tes urine bagi pengunjung, karyawan serta para wanita yang menjadi Partner Song/ LC yang ada di kafe tersebut. Polisi juga menggeledah karyawan dan seluruh ruangan yang ada di kafe untuk memastikan peredaran narkoba serta obat keras yang dilarang beredar di kafe itu.

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Yasmara Harahap mengatakan, operasi yang dilakukan bersama BNN selain sebagai langkah pencegahan terhadap peredaran narkotika juga menertibkan sejumlah tempat hiburan malam atau kafe di seputaran Pelabuhan Poto Tano.

“Dari empat kafe yang kami datangi ada sekitar belasan pegawai kafe serta pemandu lagu yang diambil sampel urine untuk dites apakan mengkonsumsi narkoba jenis sabu atau obat yang mengandung methamphetamine, dan ternyata 4 LC dinyatakan positif mengandung methamphetamine,” kata Yasmara saat dikonfirmasi, Senin (19/2/2024).

Selanjutnya, para terduga serta 4 LC yang dinyatakan positif tersebut dibawa ke Mapolres Sumbawa Barat untuk diperiksa dan diserahkan ke BNN untuk rehabilitasi. Ia menjelaskan upaya serupa tentu akan dilakukan di sejumlah lokasi yang dianggap rawan penyalahgunaan narkotika sebagai tindakan pencegahan serta mewujudkan Kabupaten Sumbawa Barat Bebas dari Narkoba (Bersinar) menuju Indonesia Bersinar.

“Untuk orang yang kami amankan akan dilakukan penindakan lebih lanjut, dan segera akan diserahkan ke BNN untuk dilakukan upaya rehabilitasi sebagai tindakan bagi para pengguna yang terbukti mengkonsumsi narkotika,” pungkasnya.