Polsek Labuapi Patroli Rutin Amankan Perumahan Padat di Lombok Barat Selama Lebaran

TBNews.ntb. – Momen lebaran identik dengan mudik, tak terkecuali di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Salah satu kecamatan dengan perumahan terpadat, yaitu Kecamatan Labuapi, patut diacungi jempol karena situasi keamanannya menjelang Lebaran tahun ini terpantau aman.

“Secara umum, situasi di perumahan-perumahan di Labuapi aman terkendali. Ini berkat kerja sama semua pihak, mulai dari security perumahan, BKD Desa, pengembang, dan tentunya Polsek Labuapi,” ujar Kapolsek Labuapi, Iptu I Made Dwi Putrayasa S.H., pada Selasa (9/4/2024).

Ia mengungkapkan rasa syukurnya atas situasi kondusif di kawasan perumahan yang ada di Labuapi. Namun begitu, perwira Polres Lombok Barat itu tak ingin lengah, Polsek Labuapi tak henti-hentinya melakukan berbagai upaya untuk memastikan keamanan di kawasan perumahan.

Beberapa langkah yang mereka lakukan seperti mengoptimalkan kegiatan patroli rutin secara berkala di kawasan perumahan. Baik siang maupun malam hari, untuk mencegah terjadinya tindak kriminalitas. Melakukan koordinasi secara Intensif, melalui jalinan erat dengan security di setiap perumahan.

“Saling berbagi informasi dan meningkatkan kewaspadaan menjadi kunci utama,” ujarnya.

Kemudian memberdayakan peran BKD Desa, melibatkannya dalam menjaga keamanan lingkungannya dengan kearifan lokal dan pengetahuan wilayahnya, BKD Desa menjadi mitra strategis Polsek Labuapi.

“Kami juga melakukan kerja sama dengan pengembang, berkoordinasi dengan pengembang perumahan untuk meningkatkan keamanan di kawasan perumahan. Seperti pemasangan CCTV dan penerangan jalan yang optimal,” bebernya.

Bagi pemudik yang tidak membawa kendaraannya, Polsek Labuapi menyediakan layanan penitipan kendaraan gratis. Layanan ini terbuka bagi seluruh masyarakat yang ingin mudik dengan tenang tanpa khawatir keamanan kendaraannya.

“Kami ingin memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang mudik. Oleh karena itu, kami menyediakan layanan penitipan kendaraan gratis di Polsek Labuapi,”jelas Iptu Made.

Iptu Made tak lupa mengimbau kepada masyarakat bahwa sebelum meninggalkan rumah, pastikan pintu dan jendela sudah dikunci. Pastikan kompor gas dan peralatan elektronik dalam keadaan mati serta dapat menggunakan system keamanan tambahan berupa CCTV.

“Pemudik juga bisa menyampaikan kepada tetangga atau security maupun kepada Kepolisian bahwa rumah ditinggal dalam keadaan kosong. Selain itu, ketika mudik, untuk membawa bekal perjalanan mudik berupa obat-obatan darurat juga penting. Serta yang terpenting adalah memeriksa kendaraan yang akan digunakan untuk mudik,” tutupnya.