Polisi Optimalkan Patroli, Jamin Keamanan Rumah Kosong di Lombok Barat

TBNews.ntb. –  Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama libur Lebaran, Polsek Kuripan, Polres Lombok Barat, Polda NTB, menggelar patroli rutin di wilayahnya.

Kapolsek Kuripan, Iptu Fahrizal Eko Suryanto, mengatakan bahwa dalam kegiatan ini, Petugas patroli menyambangi dua kompleks perumahan, selasa (9/4/2024).Patroli ini difokuskan pada perumahan yang kosong ditinggal mudik oleh penghuninya.

“Hari ini, kami menyambangi dua kompleks perumahan, yaitu BTN Kuripan Asri Dusun Tongkek Desa Kuripan dan BTN Griya Menang Asri Dusun Monto Desa Kuripan,” ungkapnya.

Untuk mengetahui kondisi terakhir terhadap Kompleks Perumahan, terutama terkait dengan rumah kosong karena ditinggal mudik lebaran.

“Dari hasil pemantauan, kami menemukan bahwa beberapa rumah di kedua kompleks perumahan tersebut dalam keadaan kosong ditinggal mudik,” kata Iptu Fahrizal.

Lebih lanjut, Iptu Fahrizal menjelaskan bahwa patroli ini bertujuan untuk mengantisipasi potensi tindak kriminalitas di perumahan yang kosong. Patroli dilakukan dengan cara berkeliling dan memeriksa kondisi keamanan di setiap rumah.

“Kami juga memberikan pesan-pesan Kamtibmas kepada warga yang masih tinggal di kompleks perumahan. Untuk sama-sama menjaga situasi lingkungan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Iptu Fahrizal menambahkan bahwa Polsek Kuripan akan terus mengoptimalkan kegiatan patroli dan pengawasan di kawasan perumahan, terutama selama libur Lebaran. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang sedang mudik maupun yang tetap tinggal di rumah.

Iptu Fahrizal juga mengungkapkan bahwa dalam kegiatan patrol ini pihaknya menemukan bahwa masih kurangnya petugas keamanan (security) untuk menjaga keamanan di kawasan perumahan. Oleh karena itu, Polsek Kuripan akan memperkuat kegiatan patroli dan meningkatkan kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD) untuk membantu menjaga keamanan di wilayah hukumnya.

“Kami berharap dengan patroli dan KRYD yang intensif, situasi keamanan di wilayah hukum Polsek Kuripan tetap kondusif selama libur Lebaran,” tandasnya.

Iptu Fahrizal menghimbau kepada masyarakat yang sedang mudik untuk menitipkan rumahnya kepada tetangga atau keluarga yang dapat dipercaya. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk memasang CCTV dan alarm di rumahnya untuk meningkatkan keamanan.

Pihaknya juga membuka layanan penitipan kendaraan di Polsek Kuripan, jika Masyarakat tidak membawa kendaraan ketika mudik lebaran.

“Bagi masyarakat yang tetap tinggal di rumah, kami mohon untuk selalu waspada dan meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi tindak kriminalitas,” imbaunya.