Polisi Kerahkan 170 Personel Amankan Pleno KPU Lombok Barat

TBNews.ntb. –  Kepolisian Resor (Polres) Lombok Barat mengerahkan sebanyak 170 personel untuk mengamankan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Jayakarta, Kecamatan Batulayar, pada Kamis (29/2/2024).

Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus Nyoman Gede Junaidi mengatakan seluruh personel telah melakukan simulasi pengamanan rapat pleno pada Selasa (27/2/2024). Simulasi dilakukan untuk mengantisipasi gangguan keamanan selama rapat pleno berlangsung.

Menurut Bagus, ratusan personel yang dilibatkan berasal dari Satuan Brimob sebanyak satu peleton dan Direktorat Samapta sebanyak dua pleton.

“Hari ini kami Polres Lombok Barat juga sudah melakukan simulasi pengamanan sebelum rapat pleno dimulai,” kata Bagus, Kamis.

“Ada juga tim penjinak bom (jibom) nanti yang diterjunkan nanti,” tambah Bagus.

Khusus tim Jibom, Bagus melanjutkan, juga sudah melaksanakan sterilisasi area hotel Jayakarta. Adapun pola pengamanan dipetakan dengan sistem ring.

“Mulai dari ring satu artinya di dalam itu polisi tidak berseragam di sana. Setelah itu, ring 2 kebanyakan polisi berseragam mungkin samapta dan di ring 3 mendekati jalan itu personel lalu lintas,” imbuh Bagus.

Dia memastikan kondisi rapat Pleno yang sudah berlangsung sejak Rabu (28/2/2024) masih dalam situasi aman terkendali. Enam kecamatan yang telah melaksanakan rekapitulasi suara, antara lain Kecamatan Batu Layar, Gunungsari, Narmada, Kediri, Labuapi, dan Kuripan.

Sedangkan, empat kecamatan lainnya yang belum selesai merekapitulasi suara, yaitu Kecamatan Lingsar, Lembar, Gerung, dan Sekotong.