Polisi Gencarkan Operasi Miras di Kawasan Kuta Mandalika Jelang Event Bau Nyale

TBNews.ntb. –  Aparat Polres Lombok Tengah (Loteng) awal pekan kemarin mulai menggencarkan kegiatan operasi penyakit masyarakat (pekat) khususnya minuman keras (miras) di kawasan Kuta Mandalika.

Hal ini dilakukan Polri, menjelang perayaan event Bau Nyale yang direncanakan digelar pada 29 Februari sampai 1 Maret 2024 besok. Langkah itu dilakukan untuk menekan peredaran miras di kawasan yang akan menjadi lokasi pusat perayaan event Bau Nyale tahun ini.

“Sejak tadi malam (Senin kemarin) kita mulai menggelar razia di wilayah selatan (kawasan Kuta Mandalika dan sekitarnya) di Kecamatan Pujut. Hasilnya puluhan botol miras berbagai jenis, mulai dari yang bermerek hingga miras tradisional berhasil kita sita,” Kata Kasat Resnarkoba, Iptu Muhammad Naufal Trinugraha, S.Tr.K., Selasa, 27 Februari 2024.

Gencarnya operasi razia miras di tempat-tempat yang disinyalir menjual minuman beralkohol tersebut dilakukan guna mencegah dan mengantisipasi maraknya miras yang beredar menjelang perayaan event Bau Nyale.

“Langkah ini demi mewujudkan Loteng yang bebas dari miras khususnya menjelang event tahunan ini dari potensi gangguan kamtibmas dan aksi kriminalitas,” terangnya.

Mengingat kebanyakan aksi kriminalitas maupun gangguan kamtibmas yang terjadi ditengah masyarakat bermula dari penyalahgunaan minuman keras ini.

“Maka untuk mencegah munculnya ganggu keamanan, faktor penyebabkan kita antisipasi sejak awal. Hal ini juga sekaligus sebagai upaya dalam menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat,” tegas Kasat Resnarkoba Polres Lombok Tengah.

Upaya Polri menjamin keamanan acara ini menjadi prioritas mengingat disetiap gelaran event Bau Nyale, banyak pengunjung yang datang. Tidak hanya dari dalam wilayah saja, tetapi juga dari luar Lombok Tengah hingga wisatawan mancanegara.

“Sehingga menjaga keamanaan dan kenyamanan masyarakat selama event berlangsung menjadi prioritas pihak kepolisian,” tandasnya.