Gempa Bumi Mag:6.0 Guncang Tuban: Kerusakan Terpantau di Gresik, Tidak Ada Korban Jiwa

TBNews.ntb. – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan gempa di timur laut Tuban dengan magnitudo 6.0 menyebabkan kerusakan ringan di wilayah Gresik serta Tuban.

Abdul Muhari, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB menuturkan berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Tuban, satu unit rumah mengalami kerusakan di area dapur. Lindu yang diikuti 16 gempa susulan itu juga merobohkan satu unit bangunan balai desa.

“Di tempat lain, gempa yang juga mengguncang Gresik, menyebabkan rusaknya 1 unit masjid Rumah Sakit di Kepulauan Bawean, Kabupaten Gresik,” kata Muhari dalam keterangan tertulisnya Jumat (22/3/2024) siang.

Menurut dia, hingga siaran pers dirilis, tidak ada korban jiwa pasca kejadian. Kendati demikian BPBD Tuban, Rembang dan Gresik terus melakukan monitoring dan pendataan dampak gempa yang terjadi guna memastikan kondisi dan penanganan lebih lanjut.

“BNPB mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa dan dan pantau informasi terkini dari instansi berwenang seperti BNPB, BMKG, serta pemerintah daerah setempat untuk menghindari misinformasi,” katanya lebih lanjut.

Gempa berkekuatan M6,0 mengguncang Kabupaten Tuban, Jawa Timur, pada Jumat (22/3) siang pukul 11.22 WIB. Gempa ini berpusat di laut dengan titik episentrum 5.74 LS dan 112.32 BT dengan kedalaman 10 Km.