BP3MI dan Polda NTB Tingkatkan Sinergi Cegah TPPO

TBNews.ntb. – Kapolda NTB Irjen Pol. Drs. R. Umar Faroq S.H., M.Hum didampingi Kasubdit IV dan Kanit TPPO Ditreskrimum Polda NTB menyambut kunjungan silaturahmi dari Balai Pelayanan Penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Selasa (16/04) pagi tadi.

Dalam kesempatan tersebut, beberapa isu menjadi pembahasan bersama antara pihak Kepolisian dan BP3MI, khususnya terkait persoalan-persoalan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berasal dari Provinsi NTB.

Menurut Pucuk pimpinan tertinggi Polda NTB itu, penempatan PMI nonprosedural dan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) saat ini menjadi perhatian serius oleh pihak penegak hukum, khususnya Kepolisian.

“Sehingga kami dari Polda NTB dan BP3MI NTB perlu untuk meningkatkan sinergitas serta berkolaborasi dalam upaya pencegahan maupun penegakan hukum bagi pelaku TPPO,” kata Kapolda NTB.

Selain itu yang tak kalah penting, lanjut Irjen Umar Faroq, di masa cuti lebaran tahun ini banyak PMI yang cuti dan pulang kampung, sehingga rawan menjadi korban kejahatan ketika keluar dari wilayah otoritas bandara.

“Hal ini dapat menjadi perhatian bersama antara BP3MI NTB dengan Kepolisian,” tandas jenderal Bintang Dua itu.