Polda NTB Berhasil Sita 8.757 Botol Minuman Beralkohol

TBNews.ntb. – Kapolda NTB Irjen Pol. R Umar Faroq S.H., M.Hum dalam konferensi pers di Mataram, Selasa, (19/02) mengatakan bahwa pihaknya telah menyita setidaknya 8.757 botol minuman beralkohol dari hasil giat Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) Rinjani Tahun 2024 yang digelar selama dua pekan menjelang puasa Ramadhan 1445 Hijriah.

“Dari hasil Operasi Pekat Rinjani 2024 yang dilaksanakan secara serentak oleh jajaran Kepolisian di NTB terhitung sejak 26 Februari sampai 10 Maret kemarin, telah berhasil menyita 8.757 botol minuman beralkohol beragam merek dan jenis,” kata Kapolda NTB.

Pucuk pimpinan tertinggi Polda NTB itu menyampaikan pihaknya telah mengklasifikasi 8.757 botol minuman beralkohol tersebut berdasarkan tingkat kadar alkohol. Untuk kadar alkohol kurang dari 5 persen, terdata sebanyak 7.167 botol minuman.

Selain itu, minuman dengan kadar alkohol 5-20 persen sebanyak 1.480 botol, dan untuk persentase kadar alkohol di atas 20 persen sampai 55 persen sebanyak 110 botol. Salah satu merek minuman beralkohol yang banyak disita Guinness Smooth dengan jumlah 4.071 dari ratusan kemasan dos.

“Paling banyak ini (Guinness Smooth) terungkap barang kedaluwarsa. Penjualnya dari wilayah Lombok Barat, ini yang paling fenomenal,” ujar Kapolda NTB.

Lebih lanjut, Irjen Pol. Umar Faroq berharap dengan adanya kegiatan kepolisian yang telah berhasil menyita ribuan minuman beralkohol ini, khususnya di wilayah hukum Polda NTB, umat Muslim dapat melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah dengan lancar tanpa gangguan.

“Harapan kita semua semoga pelaksanaan ibadah puasa ramadhan Tahun ini situasi kamtibmas khususnya di wilayah Provinsi NTB tetap dalam keadaan aman dan kondusif serta masyarakat dapat menjalankan aktifias dengan nyaman,” tutupnya.