Panitia-Peserta Seleksi Penerimaan Polri 2024 di Polda NTB Tanda Tangani Pakta Integritas

TBNews.ntb. – Polda NTB menggelar penandatanganan pakta integritas dan pengambilan sumpah panitia, pengawas, peserta dan orang tua/Wali Penerimaan Terpadu Anggota Polri (Akpol, Bintara dan Tamtama) Tahun Anggaran 2024.

“Kegiatan ini digelar guna memastikan penerimaan terpadu anggota Polri Tahun 2024 khususnya di Polda NTB dapat berjalan dengan tetap mengedepankan prinsip rekrutmen yang BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis),” Kata Kapolda NTB Irjen Pol. Drs. R. Umar Faroq S.H., M.Hum dalam sambutannya saat memimpin acara tersebut di Gedung Sasana Dharma, Polda NTB, Jum’at (19/04).

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Irwasda Polda NTB, PJU Polda NTB, unsur pengawas Internal dan Eksternal, perwakilan dari para peserta dan Orang Tua/Wali Penerimaan Terpadu Anggota Polri T.a 2024 serta diikuti seluruh Polres jajaran Polda NTB secara Daring via Zoom Meeting.

Irjen Umar Faroq menyebut pelaksanaan pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas penerimaan terpadu Polri tahun 2024 tersebut mengisyaratkan makna yang sangat mulia dalam upaya untuk mewujudkan proses rekrutmen yang Clean and Clear  di Polda NTB.

Baca Juga : Penerimaan Polri 2024, Karo SDM Polda NTB Tekankan Integritas Panitia

Kapolda NTB menegaskan pakta integritas yang ditandatangani tersebut mengatur sanksi yang tegas bagi para pelaku penyimpangan, mulai dari sanksi moral, sanksi administratif sampai dengan sanksi pidana yang berlaku. Hal itu sebagai upaya membangun komitmen bersama, guna mewujudkan rekrutmen yang bersih, transparan, akuntabel, dan humanis serta bebas dari KKN.

“Sedangkan sumpah yang diucapkan merupakan salah satu bentuk manifestasi hubungan manusia dengan Tuhan. Ini mengandung makna dan konsekuensi yang wajib dipertanggung jawabkan baik di dunia atau di akhirat kelak,” tegas Jenderal Bintang Dua itu.

Baca Juga : Penerimaan Polri 2024 Dibuka, Ini Perbedaan Pendaftaran Akpol, Bintara dan Tamtama

Pucuk Pimpinan Polda NTB itu berharap kegiatan pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas yang telah digelar tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman ataupun landasan moral bagi seluruh panitia, peserta dan orang tua/wali dalam melaksanakan seluruh tahapan seleksi Penerimaan Anggota Polri Tahun 2024.

“Kepada para peserta seleksi, orang tua, pengawas dan panitia kiranya dapat memegang teguh sumpah dan penandatangan pakta integritas yang telah dilakukan ini, sehingga dapat menghasilkan calon anggota Polri yang Presisi yang siap menghadapi dinamika tantangan global, serta mewujudkan Polri yang dicintai dan sesuai dengan harapan masyarakat.,” tutup Kapolda NTB.