Tingkatkan Kesehatan dan Kebugaran Fisik Jelang Pemilu,Polres Lombok Tengah Gelar Kesemaptaan Jasmani

TBNews.ntb – Polres Lombok Tengah, Polda Nusa Tenggara Barat (NTB), melaksanakan tes kesamaptaan jasmani berkala untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani personel menjelang Pemilu 14 Februari 2024.

“Tes Kesamaptaan ini dilakukan guna mengetahui dan mengukur kekuatan stamina seluruh anggota Polri dan ASN Polri yang berdinas di Polres,” kata Kapolres Lombok Tengah AKBP Iwan Hidayat di Praya, Rabu, (17/01).

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh personel Polres Lombok Tengah dan jajaran Polsek guna menjaga stamina anggota agar tetap dalam kondisi prima disetiap pelaksanaan tugas-tugas kepolisian ke depan terlebih menjelang pelaksanaan tahapan pesta demokrasi Tahun 2024.

“Kegiatan ini dilaksanakan sampai tanggal 20 Januari 2024 yang dilaksanakan di Alun-Alun Tastura Praya,” katanya.

Pimpinan Polres Lombok Tengah itu menyebut kegiatan ini dilaksanakan disetiap semester enam bulan sekali dan semua anggota wajib untuk mengikuti. Kegiatan ini, menurut AKBP Iwan juga berfungsi untuk mengukur kemampuan dan ketahanan fisik perorangan masing-masing personel Polri di lingkungan Polres Lombok Tengah.

Dijelaskan, tes kesemaptaan ini dibagi dalam tujuh gelombang, Hal itu kata Kapolres Lombok Tengah melanjutkan agar tidak mengurangi atau mengganggu kegiatan lainnya yang berhubungan dengan tugas operasional maupun pelayanan masyarakat dari anggota yang bertugas di masing-masing satuan fungsi ataupun anggota yang bertugas di Polsek jajaran, dengan harapan tetap terjaga kondisi fisik yang prima sebagai pendukung tugas di lapangan.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan tes kesamaptaan jasmani ini dapat menjaga kebugaran jasmani anggota agar tetap prima, sehingga dapat mengemban tugas Kepolisian dengan maksimal, sebagaimana tugas pokok Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat,” tutupnya.

Sebelum pelaksanaan tes fisik ini, seluruh anggota juga diharuskan untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan oleh tim kesehatan Polres Lombok Tengah. Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) tersebut terdiri dari beberapa tahapan yaitu lari selama 12 menit, sit up, pull up, push up, dan shuttle run.