Ratusan Personel Polisi Amankan Tiga Lokasi Tabligh Akbar UAS di Lombok Utara

tribratanews.ntb.polri.go.id. – Ratusan personel Kepolisian Resor (Polres) Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) diterjunkan dalam agenda mengamankan tiga lokasi yang akan digunakan untuk tabligh akbar dan halal bihalal Ustaz Abdul Somad (UAS) di wilayah Kabupaten Lombok Utara.

Tabligh akbar pertama telah sukses dilaksanakan pada Sabtu 27 April 2024 pukul 14.00 Wita bertempat di Ponpes Istituddarain, Dusun Orong Ramput, Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara.

Selanjutnya, pukul 16.00 Wita, tablig akbar kedua dilaksanakan di Lapangan Umum Kayangan, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara. Tabligh akbar ketiga akan dilaksanakan di pinggir pantai depan Masjid Baiturrahman, Gili Trawangan pada Minggu, (28/04).

Kabag Ops Polres Lombok Utara Kompol Burhanudin menerangkan bahwa sebanyak 104 personel gabungan dari Polres, Polsek jajaran, TNI dan pihak terkait lainnya diterjunkan dalam mengamankan kegiatan tersebut. Dimana, kata Burhanudin, dalam acara Tabligh akbar teresebut juga turut dihadiri oleh puluhan ribu masyarakat dari berbagai wilayah yang ada di Provinsi NTB.

“Kami dari Polres Lombok Utara menerjunkan 104 personel pengamanan tabligh akbar yang dihadiri oleh Ustadz Abdul Somad. Ini kita lakukan untuk menjamin kelancaran acara tersebut,” terangnya.

Dalam upaya mensukseskan dan kelancaran kegiatan tersebut, Burhanudin menegaskan bahwa pihaknya melakukan pengamanan ketat guna mencegah segala potensi dan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Pengamanan yang akan kami (Polri) lakukan yakni secara terbuka dan tertutup. Selain itu kami juga pastikan pengaturan arus lalu lintas di sekitar lokasi. Anggota akan ditempatkan pada titik-titik yang sudah ditentukan,” Jelas Kabag Ops Polres Lombok Utara.

“Upay ini merupakan bentuk pelayanan kami dari pihak Kepolisian kepada masyarakat guna memberikan rasa aman dan nyaman dalam kegiatan keagamaan ini,” imbuhnya.

Untuk diketahui, tidak hanya di Lombok Utara, UAS juga memiliki rangkaian kegiatan ceramah di beberapa kabupaten di Lombok. Sejak jauh hari masyarakat di Lombok menantikan kehadiran UAS yang dikenal memiliki ceramah humoris tersebut.