Polisi Lakukan Monitoring di Sejumlah SPBU di Kota Mataram, Cegah Penyelewengan BBM

TBNews.ntb –  Guna mencegah dan mengantisipasi penyelewengan BBM di wilayah Kota Mataram, Petugas Kepolisian dari tim Opsnal unit Tipidter Sat Reskrim Polresta Mataram melakukan monitoring serta pengecekan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Kapolresta Mataram Kombes pol Dr. Ariefaldi Warganegara SH.,SIK., saat dikonfirmasi media ini Jumat (29/03) kemarin, menjelaskan kegiatan yang pihaknya merupakan langkah antisipasi terhadap adanya penyimpangan yang barangkali dilakukan oleh petugas SPBU.

“Ini untuk mencegah adanya praktek kecurangan baik melalui regulasi maupun mesin yang digunakan di sejumlah SPBU. Hal ini juga untuk memastikan tidak ada oknum yang mungkin membeli BBM dalam jumlah banyak untuk kepentingan tertentu (menimbun),” tegasnya.

Diterangkan, pemantauan oleh pihak Kepolisian tersebut berdasarkan Undang – Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri, kemudian UU nomor 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi, dan yang terakhir berdasarkan perintah Kapolda NTB tentang langkah antisipasi penyimpangan dan penyalahgunaan BBM.

Baca Juga : Jelang Lebaran, Polisi Tidak Menolerir Penyalahgunaan BBM di Lombok Barat

“Monitoring dan pengecekan tersebut untuk memastikan bahwa kekhawatiran masyarakat terkait penyalahgunaan atau penyimpangan BBM di Sejumlah SPBU itu tidak terjadi di wilayah hukum Polresta Mataram, maka tindakan yang dilakukan tersebut sebagai upaya pencegahan,” ucap Kapolresta Mataram.

Pucuk pimpinan tertinggi Polresta Mataram itu menyebut bahwa langkah pengawasan yang dilakukan pihaknya ini guna menjamin ketersediaan BBM menjelang hari raya idul Fitri. Sehingga masyarakat tidak perlu kuatir terhadap kelangkaan ataupun kecurangan petugas SPBU saat membeli atau mengisi BBM untuk kendaraan masyarakat.

“Kami berharap upaya ini dapat mencegah dan mengantisipasi terjadinya hal-hal yang dapat mengganggu Harkamtibmas di wilayah hukum Polresta Mataram. Upaya ini juga dilakukan di seluruh Polsek Jajaran demi kenyamanan masyarakat,”tandas Kapolresta Mataram.