Minimalisir Pelanggaran Personel, Sie Propam Polres Lombok Utara Lakukan Pemeriksaan

tribratanews.ntb.polri.go.id – Dalam upaya meminimalisir pelanggaran serta penyimpangan oleh personel, Seksi Profesi dan Pengamanan (Sie Propam) Polres Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) menggiatkan pengecekan kelengkapan administasi hingga sikap tampang anggota.

Dari keterangan yang disampaikan Kasi Propam Polres Lombok Utara AKP I Nyoman Suardika, Rabu (08/05) menegaskan bahwa pelaksanaan kegiatan pemeriksaan tersebut adalah bagian dari upaya penegakan ketertiban dan disiplin (Gaktibplin) bagi personel.

“Kita lakukan sejumlah pengecekan terhadap personel yang mencakup pemeriksaan sikap tampang serta kelengkapan surat-surat pribadi anggota, mulai dari KTP, Kartu Anggota Polri (KTA), Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat kelengkapan kendaraan pribadi dan lain sebagainya,” tegas AKP Suardika.

AKP Suardika menyebut tujuan dari pemeriksaan yang dilakukan tersebut adalah untuk mendorong anggota Polri lebih disiplin sehingga dapat memberikan contoh yang baik dan benar bagi masyarakat di Lombok Utara.

“Upaya ini juga kita lakukan untuk mengantisipasi dan meminimalisir potensi pelanggaran serta penyimpangan yang dilakukan anggota dalam menjalankan tugas mereka sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat, serta dalam penegakan hukum,” ungkap Kasi Propam Polres Lombok Utara.

Adapun hasil dari pelaksanaan Gaktibplin yang digelar Sie Propam Polres Lombok Utara hari ini menunjukkan hasil yang relatif baik, dengan hanya beberapa pelanggaran ringan seperti rambut yang kurang rapi, yang diatasi dengan tindakan disiplin. Sementara yang lain nihil.

“Gaktibplin rutin ini akan terus dilaksanakan Sie Propam sebagai langkah preventif guna memastikan disiplin dan ketaatan serta integritas personel dalam menjalankan tugas – tugas Kepolisian di wilayah,” tutup Kasi Propam Polres Lombok Utara.

Dengan langkah-langkah ini, Polres Lombok Utara berkomitmen mewujudkan personel Polri yang patuh hukum dan bebas dari segala bentuk pelanggaran, khususnya di Polres Lombok Utara.