Langit Manado Pagi Ini Gelap Akibat Erupsi Gunung Ruang, Bandara Ditutup Sementara

tribratanews.ntb.polri.go.id. –  Langit Manado pagi ini terlihat gelap seakan mendung, Selasa (30/4/2024). Hal ini disebabkan erupsi Gunung Ruang di Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) yang terjadi sekitar pukul 02.35 WITA. Dampak erupsi tersebut, operasional Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado kembali ditutup sementara sampai dengan pukul 12.00 WITA.

“Mendasari hasil pengamatan aktivitas abu vulkanis Gunung Ruang dan Notam: A1144/24 NOTAMN, demi menjaga aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, operasional Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado ditutup sementara sampai dengan Selasa 30 April 2024 pukul 12.00 WITA,” ujar Humas Bandara Sam Ratulangi Manado Yanti Pramono, Selasa (30/4/2024).

Diketahui, Gunung Ruang pertama kali erupsi pada Selasa (16/4/2024) malam. Sekira seminggu terhenti, gunung api stratovolcano tipe-A dengan ketinggian 725 meter di atas pemukaan laut ini kembali erupsi pada Selasa (30/4/2024).

Saat ini, Gunung Ruang kembali naik ke status Level IV Awas, masyarakat sekitar Gunung Ruang dan pengunjung/wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

Masyarakat yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius 6 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 6 km. Masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim dekat pantai agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge) dan tsunami akibat material erupsi yang masuk ke laut/runtuhnya tubuh gunung api ke dalam laut.

Masyarakat diimbau untuk selalu menggunakan masker dalam mengantisipasi paparan abu vulkanis yang dapat mengganggu sistem pernapasan.