Polres Lombok Barat Siap Amankan Mudik Lebaran 2024

TBNews.ntb. –  Polres Lombok Barat, Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) membuktikan kesiapannya dalam mengamankan arus mudik – balik saat momentum perayaan hari idul fitri 1445 Hijriyah dengan melaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Rinjani 2024 di Lapangan Polres Lombok Barat, Rabu (3/4/2024).

Pelaksanaan apel ini dipimpin langsung oleh Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus Nyoman Gede Junaedi bersama Forkopimda Lombok Barat.

Dalam amanatnya, Kapolres Lombok Barat menyampaikan bahwa Apel Gelar Pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel dan peralatan. Dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, dia menekankan pentingnya sinergitas TNI-Polri dan stakeholder terkait dalam pengamanan mudik.

Pemahaman dan implementasi SKB tentang pengaturan lalu lintas jalan serta penyeberangan. Pemberian jaminan keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran, dan kenyamanan arus lalu lintas. Pengamanan di jalur-jalur rawan kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam.

Kesiapan infrastruktur dan moda transportasi, penanganan potensi gangguan dan situasi kontijensi. Juga tentang keamanan rumah yang ditinggalkan dan lokasi wisata. Stabilitas harga dan ketersediaan bapokting serta BBM dan strategi komunikasi publik yang baik.

“Operasi Ketupat Rinjani 2024 ini akan berlangsung selama 13 hari, mulai dari tanggal 4 sampai dengan 16 April 2024,” ungkap Junaedi.

Dalam pelaksanaannya, pihak Kepolisian akan menurunkan sebanyak 120 personel yang akan ditempatkan di 3 pos yang tersebar di beberapa titik lokasi di Kabupaten Lombok Barat.

“Polres Lombok Barat menyiapkan 1 Pos Pelayanan Terpadu di Pelabuhan Lembar. Kemudian 1 Pos Pengamanan di Bundaran Giri Menang Square, dan 1 Pos Pengamanan di Kecamatan Batulayar,” jelasnya.

Junaedi mengatakan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan TNI, Brimob Polda NTB, dan stakeholder terkait untuk memastikan keamanan dan kelancaran arus mudik di wilayah Lombok Barat.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam perjalanan mudik dan mematuhi peraturan lalu lintas. Jika merasa lelah, segera istirahat di tempat yang aman,” imbaunya.