Kisah Inspiratif Sang Penjaga Pulau Terluar NTB

TBNews.ntb. – Sebuah kisah inspiratif datang dari Anggota Polri (Babinkamtimas) Bripka Bahrudin (40) dan TNI (Babinsa) Mujmal (45) mulai bergegas ke tempat tugas wilayah terluar di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang ada di Desa Maringkik, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur (Lotim).

Demi tugas yang diemban, setiap hari keduanya menyeberangi lautan. Tidak jarang kehabisan bahan bakar di tengah perairan dan menanti sampai datang pertolongan dari nelayan.

Setiap pagi, sejak pukul 07.15 Wita, Bripka Bahrudin dan Mujmal sudah bersiap di Dermaga Telong Telong, Kecamatan Jerowaru, Lotim. keduanya biasanya menumpang speedboat yang sering digunakan oleh para guru untuk mengajar di pulau terpencil. Namun, karena tidak ada transportasi khusus, mereka pun terkadang harus menumpang perahu milik nelayan setempat untuk mencapai Desa Maringkik.

Bahkan diceritakan Bripka Baharudin, pernah suatu hari, perahu nelayan yang kami tumpangi kehabisan bensin di tengah laut. Tapi berkat bantuan nelayan, kami berhasil sampai ke tujuan.

Pada masa pandemi Covid-19 beberapa tahun yang lalu, Bripka Bahrudin menjadi salah satu personel Bhabinkamtibmas yang sangat aktif dalam upaya vaksinasi door-to-door ke masyarakat guna mencegah penyebaran virus tersebut. Bahkan, ketika warga membutuhkan bantuan medis, mereka siaga memberikan pelayanan.

Meski harus melewati perjalanan yang penuh tantangan setiap hari, baik Bahrudin maupun Mujmal, memastikan situasi di Pulau Maringkik tetap aman dan kondusif.