Ini Dia 10 Makanan Khas Lombok yang Bikin Ngiler

TBNews.ntb. – Lombok menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang ramai dikunjungi wisatawan. Tak hanya turis lokal saja, namun juga datang dari mancanegara.

Selain melihat keindahan alamnya yang menakjubkan, detikers juga wajib mencicipi berbagai kulinernya. Beberapa makanan khas Lombok yang mungkin sudah tidak asing lagi adalah ayam taliwang dan plecing kangkung.

Tapi tak hanya itu, masih ada sejumlah kuliner lainnya yang patut dicoba. Penasaran, apa saja makanan khas Lombok yang wajib dicicipi? Simak pembahasannya dalam artikel ini.

Makanan Khas Lombok yang Wajib Dicoba

Sebagai informasi, makanan khas Lombok terkenal akan bumbunya yang berani serta menggunakan bahan-bahan lokal yang segar. Oleh sebab itu, cita rasa kuliner khas Lombok sangat enak dan mampu menggoyang lidah.

Penasaran, apa saja makanan khas dari Pulau Seribu Masjid tersebut? Dilansir laman Wonderful Indonesia dan Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat, berikut makanan khas Lombok yang wajib dicoba.

1. Ayam Taliwang

Daftar yang pertama adalah ayam taliwang. Memang, ayam taliwang saat ini sudah banyak dijual di sejumlah kota, namun tak ada salahnya untuk mencoba ayam taliwang secara langsung di Lombok.

Ayam taliwang memiliki cita rasa yang sangat gurih dan pedas. Dengan begitu, ayam taliwang paling enak dimakan dengan nasi putih panas. Dijamin bikin kamu ketagihan!

2. Plecing Kangkung

Makan ayam taliwang memang paling cocok ditemani dengan plecing kangkung. Yang unik, plecing kangkung memiliki cita rasa yang pedas dan menggugah selera.

Plecing kangkung adalah olahan dari sayur kangkung, lalu ditambahkan tomat segar dan terasi. Perlu diketahui bahwa terasi yang digunakan pun juga khusus, yakni terasi Lengkare yang punya rasa gurih dan manis.

3. Nasi Balap Puyung

Nasi balap puyung atau disebut juga nasi puyung merupakan salah satu makanan khas Lombok Tengah. Nasi balap puyung merupakan nasi putih dengan isian lauk ayam suwir, oseng kacang panjang, kacang kedelai atau kacang tanah goreng, dan keripik kentang.

Pada umumnya, nasi balap puyung dikonsumsi saat pagi hari. Di Jawa, nasi balap puyung mirip dengan nasi kucing atau nasi rames.

4. Sate Bulayak

Kalau jalan-jalan ke Lombok, detikers juga wajib mencoba sate bulayak. Bahan dasarnya adalah ayam, namun yang jadi ciri khasnya terdapat pada bulayak, yakni lontong yang dililit dengan daun aren atau enau. Lalu, bulayak punya ukuran yang lebih kecil daripada lontong.

Selain itu, bumbu kacang pada sate bulayak juga berbeda dengan bumbu kacang lainnya karena menggunakan kacang tanah sangrai yang dimasak dengan santan. Dengan begitu, rasa bumbu kacangnya lebih gurih dan menyerupai bumbu kari.

5. Sate Pusut

Sate pusut merupakan salah satu sate khas Lombok yang tak kalah unik karena tusuk satenya terbuat dari potongan batang bambu. Yang bikin spesial, sate pusut hanya disajikan saat acara hajatan atau acara-acara besar lainnya di Lombok.

Bahan dasar sate pusut adalah daging sapi. Penggunaan bumbu yang khas membuat cita rasa satu pusut sangat lezat dan menggugah selera.

6. Ayam Rarang

Selain ayam taliwang, kamu juga perlu mencoba ayam rarang. Kuliner yang satu ini memiliki rasa pedas karena menggunakan sambal goreng cabai rawit atau bumbu plecing. Meski rasanya pedas, dijamin ayam rarang bikin kamu ketagihan dan terus-terusan nambah!

7. Sayur Ares

Sayur ares adalah sayuran dari pelepah (batang pisang muda) yang dimasak dengan santan bumbu merah serta tulang atau daging ayam. Sayur ini sering disebut juga dengan jukur ares dan sering dikonsumsi ketika musim hujan agar dapat menghangatkan tubuh.

8. Sambal Beberuk Terung

Daftar makanan khas Lombok berikutnya adalah sambal beberuk terung. Sambal ini punya ciri khas tersendiri karena komposisinya terdiri dari sayuran segar, seperti terung bulat, tomat, dan kacang panjang.

Kemudian, semua bahan-bahan diaduk bersama cabai, bawang, kencur, terasi, serta perasan jeruk limau yang segar. Sambal beberuk terung paling sedap jika dikonsumsi dengan nasi hangat serta lauk yang baru saja matang.

9. Sate Tanjung

Sate khas Lombok yang satu ini terbilang unik, karena dilumuri dengan bumbu yang terdiri dari santan dan rempah-rempah. Dalam penyajiannya di atas piring, sate tanjung tidak perlu disirami bumbu lagi.

Bahan dasarnya adalah daging ikan, bisa menggunakan ikan cakalang atau langoan. Jika dilihat secara sekilas, sate tanjung mirip sekali dengan sate lilit khas Bali.

10. Sate Rembiga

Bagi kamu yang suka makanan pedas wajib mencicipi sate rembiga. Sama halnya dengan sate tanjung, semua bumbunya telah dilumuri terlebih dahulu agar meresap saat dibakar. Jadi, ketika dihidangkan di atas piring tidak disirami bumbu lagi.

Namun, yang jadi pembeda adalah sate rembiga menggunakan daging sapi yang empuk. Perpaduan rasa pedas dan gurih membuat sate rembiga disukai banyak orang dan jadi kuliner wajib ketika berkunjung ke Lombok.