Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026: Malaysia Digasak Oman

TBNews.ntb. – Timnas Malaysia menelan kekalahan dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 saat berlaga di Stadion Sultan Qaboos, Muscat, Kamis (21/3), waktu setempat.

Malaysia yang selalu menang dalam dua laga Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2026 sebelumnya, atas Kirgistan dan Taiwan, untuk kali pertama gagal mendulang poin.

Skuad Harimau Malaya diperkuat sederet pemain-pemain utama yang lazim mengenakan jersey timnas Malaysia seperti Syihan Hazmi, Dion Cools, Dominic Tan, Brendan Gan, Faisal Halim, hingga Romel Morales.

Oman yang gagal mencetak gol meski cukup dominan menguasai pertandingan tak mengulang kesalahan pada babak pertama. Sebuah sepakan Ali Al Busaidi yang gagal diantisipasi pemain-pemain Malaysia dimanfaatkan dengan baik oleh Al Sabhi.

Malaysia mencoba merespons. Morales dan Corbin Ong sempat meraih peluang. Pelatih Kim Pan Gon kemudian melakukan sederet pergantian pemain. Azam Azmi, Paulo Josue, dan Akhyar Rashid dimasukkan pada pertengahan babak kedua.

Malaysia yang gigih mencetak gol penyama kedudukan sempat mencetak gol melalui Arif Aiman, namun wasit menganulirnya lantaran offside pada menit ke-81.

Oman kemudian menggandakan keunggulan pada menit ke-88 lewat Muhsen Al Ghassani yang menerima umpan Al Busaidi.

Kekalahan ini membuat Malaysia turun peringkat ke posisi tiga di klasemen Grup D, berada di bawah Oman dan Kirgistan. Ketiganya mengemas enam poin. Sementara Taiwan menjadi juru kunci setelah berlaga tiga kali tanpa kemenangan.