Dukung UMKM dan Lestarikan Kearifan Lokal, Polres Bima Kota Wajibkan Anggota Kenakan Sambolo

tribratanews.ntb.polri.go.id. – Polres Bima Kota, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengambil langkah unik untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta melestarikan kearifan lokal dengan cara mewajibkan seluruh personilnya mengenakan sambolo dan selempang tenunan khas Bima setiap hari Rabu.

Sebelumnya, Kapolres Bima Kota AKBP Yudha Pranata telah mengumumkan penggunaan sambolo dan selempang tersebut kepada seluruh personel Polres Bima Kota. Potret terbaru menunjukkan keseragaman dalam penampilan seluruh personil Polres Bima Kota, yang kini terlihat menampilkan elemen khas daerah.

Hal itu dilakukan sebagai upaya Polres Bima Kota dalam rangka mensuport dan merawat budaya ataupun kearifan lokal daerah serta sebagai langkah dalam melestarikan tenunan khas Bima.

“Tidak hanya sekadar upaya melestarikan budaya lokal, keputusan ini kita tetapkan sebagai upaya dalam rangka mendukung UMKM masyarakat di wilayah Kota Bima,” Kata Kapolres Bima Kota AKBP Yudha Pranata Rabu, (01/05).

“Dengan ikut menggunakan hasil kerajinan Bima yakni tenunan Bima, maka secara tidak langsung Polres Bima Kota ikut mendukung dunia usaha kecil dan menengah,” tambahnya.

Perintah dan arahan untuk mengenakan sambolo dan selempang setiap hari Rabu merupakan bagian dari komitmen Kapolres Bima Kota AKBP Yudha Pranata dalam mendukung UMKM serta menjaga keberlangsungan warisan budaya lokal.

“Langkah ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi institusi lain dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal sambil memperkaya identitas budaya daerah,” tandasnya.