Beberapa Jajanan Tradisional Unik Khas Lombok yang Wajib Dicoba

TBNews.ntb. –  Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak hanya dikenal sebagai gudangnya pariwisata dan kuliner yang menguggah selera. Lombok juga ternyata memiliki jajanan tradisional yang khas dan unik.

Berbagai jajanan tradisional ini amat mudah ditemukan di pasar tradisional Lombok. Beberapa juga bisa ditemukan di toko oleh-oleh khas Lombok.

Jajanan tradisional ini juga cocok disantap sambil minum teh dan ngopi, menikmati alam Lombok. Tidak hanya itu, beberapa jajanan juga khas dan familiar ditemui secara khusus di moment Lebaran Idul Fitri.

 

Berikut Ini Nama dan Bahan Jajaran Tradisional Lombok

1. Kue Bantal atau Tekel

Kue bantal khas Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini  terbuat dari bahan ketan dan ditambahkan pisang. Perpaduan dua bahan dasar itu dibungkus dengan daun aren dan diikat, mirip seperti bentul bantal. Adonan kemudian dimasak dalam air panas hingga matang dan daun aren berubah menjadi kecokelatan. Cocok disantap untuk teman minum kopi.

2. Poteng dan Jaje Tujak

Makanan yang satu ini kedengarannya memang unik, poteng dan jaje tujak. Apabila diartikan dalam Bahasa Indonesia, artinya adalah tape jajan tumbuk, yang terbuat dari bahan dasar tape fermentasi dan dipadu dengan potongan ketan putih.

Uniknya, jajanan yang satu ini harus dibuat oleh orang yang sedang dalam keadaan suci, tidak boleh sedang menstruasi. Penaburan ragi ketan lebih afdol apabila dilakukan setelah salat, masih dalam keadaan berwudhu dan bersih.

3. Kue Keciput (Jaje Keciprut)

Apakah Anda pernah mendengar nama kudapan kue keciput? Ya, ini merupakan salah satu jajanan tradisional Lombok yang lainnya. Secara penampilan, jajanan yang satu ini mirip dengan onde-onde, tetapi bedanya ukurannya amat mungil dan isinya kopong. Kue ini berbahan dasar beras ketan dan bertabur biji wijen, kerap jadi primadona masyarakat Lombok khususnya di momentum Lebaran.

4. Dodol Rumput Laut

Dodol rumput laut merupakan salah satu jajanan tradisional khas Lombok yang diminati oleh anak-anak. Bagaimana tidak, makanan yang satu ini bertekstur kenyal, berwarna-warni transparan, dan rasanya juga manis.

Seperti namanya, bahan dasar dari dodol ini adalah rumput laut yang budidayanya melimpah di Lombok. Rumput laut diolah, diberi gula dan diberi perasa buah-buahan. Cocok untuk dibeli sebagai buah tangan untuk keluarga dan kerabat terdekat.

5. Kue Kerake

Jajanan tradisional khas Lombok lainnya adalah kue kerake, berbahan dasar ketan dan gula, dengan tekstur kenyal. Uniknya, adonan dibungkus dengan kulit jagung dan dalam satu buah, diikat menjadi tiga bagian, mirip dengan pocong.

Eits, jangan salah, meski bentuknya mirip pocong tetapi makanan ini rasanya jauh dari rasa menyeramkan. Teksturnya mirip dodol, kenyal, legit dan manis.

6. Sate Tanjung

Menyusuri Lombok, jangan lupa sempatkan jajan dan mencicipi kuliner Sate Tanjung. Sate yang satu ini bukan berbahan dasar daging ayam, sapi ataupun kambing melainkan dari ikan cakalang atau langoan.

Ikan digiling, dibumbui sehingga menimbulkan rasa pedas, manis dan gurih yang khas. Sate kemudian dililit pada batang kayu dan dibakar, disajikan dengan lontong, urap dan opak singkong.

7. Kue Tarek atau Goro-goro

Makanan yang satu ini dikenal dengan sebutan kue tarek atau goro-goro, yang berbahan dasar tepung beras dan santan kelapa. Jajanan ini dibuat renyah dengan tambahan kapur sirih.

Adonan digoreng hingga mekar dan berbentuk seperti bunga yang cantik. Kriuk-kriuk, cocok jadi kudapan saat sore hari, sebagai teman minum teh dan kopi.

8. Kue Keong

Nama makanan yang satu ini adalah kue keong, tapi bukan berasal dari keong di pantai Lombok ya. Dinamakan kue keong karena memang bentuknya seperti cangkang keong.

Bahan membuat kue keong yakni tepung terigu, gula pasir, telur ayam, air dan sedikit mentega. Adonan dibentuk menyerupai keong dengan alat makan, digoreng dengan minyak panas, dan diangkat ketika warnanya sudah kecokelatan.

9. Kelepon Kecerit

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan jajanan tradisional yang bernama kelepon. Tetapi bedanya, kelepon khas Lombok bentuknya agak lonjong, bukanlah bulat seperti di Pulau Jawa.

Sama dengan kelepon pada umumnya, adonan kelepon khas Lombok berisi gula merah. Diberi nama kecerit, dengan arti muncrat karena ketika digigit akan ada gula yang muncrat di dalam mulut Anda, berpadu dengan parutan kelapa yang gurih.

10. Tumbek

Tumbek merupakan jajanan tradisional yang termasuk dalam kategori kue basah. Bahan dasar dari tumbek adalah ketan, dicampur dengan gula merah dan kelapa parut.

Selanjutnya adonan dikukus hingga matang. Apabila sudah matang, adonan dibungkus dengan kulit tumbek, yang beradal dari daun kelapa. Tidak sampai disitu, adonan yang sudah dibungkus, kembali dikukus hingga daun layu.

 

Itulah tadi rangkuman beberapa jenis jajanan tradisional khas masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan masih banyak lagi jenis jajanan lainnya yang bisa kamu temukan di Lombok. Jadi kalau berlibur ke Lombok, jangan lupa cari dan nikmati jajanan tersebut ya Gaes.