Antisipasi Gangguan Pleno KPU NTB, Ratusan Personel Polisi dan Peralatan Lengkap Dikerahkan

TBNews.ntb. – KPU Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar pleno rekapitulasi suara dari seluruh kabupaten/kota. Proses rekapitulasi ini dijaga ketat oleh personel Polda NTB lengkap dengan kendaraan pengamanan.

Aparat kepolisian berjaga dengan cara mengepung sekitaran hotel Lombok Garden tempat pleno digelar. Berbagai kendaraan pengamanan dikerahkan mulai dari water canon hingga kendaraan penjinak bahan peledak.

Sementara di dalam area hotel, setiap tamu undangan yang hendak mengikuti pleno tersebut diperiksa ketat menggunakan metal detector. Tak hanya itu, aparat juga memeriksa setiap barang bawaan tamu undangan.

Adapun jumlah aparat kepolisian yang dikerahkan sebanyak 700 personel. 400 personel disiagakan di sekitaran lokasi pleno KPU dan 300 personel berjaga di radius yang lebih jauh.

“300 personel berjaga melakukan penyekatan di jalan menuju ko hetel Lombok Garden. Sedangkan di sekitaran hotel berjaga 400 personel lengkap dengan kendaran pengamanan,” ujar Karo Ops polda NTB Kombes (Pol) Abu Bakar Tartusi, Rabu (6/03/2024).

“Kami (Polri) berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran setiap tahapan inti proses pesta demokrasi ini agar berjalan aman dari awal hingga akhir,” tandas Karoops.

Abu Bakar mengatakan penjagaan ketat ini merupakan standar pengamanan yang dikerahkan mengingat proses rekapitulasi ini merupakan kegiatan negara yang diharuskan untuk dikawal gar tidak terjadi gangguan selama proses rekapitulasi.

Sementara terkait informasi gangguan dari luar, ia mengatakan bahwa pihak kepolisian tidak ingin berspekulasi. Namun ia memastikan bahwa personelnya sangat lengkap untuk mengantisipasi jika ada gangguan.

“Kami tidak mau underesetimate (meremehkan) setiap informasi. Kami tetap berjaga untuk mengantisipasi setiap kemungkinan yang akan terjadi,” tutupnya.