LOADING

Type to search

POLRES DOMPU BERIKAN SIRAMAN ROHANI KEPADA TAHANAN DAN SHOLAT DZUHUR BERJAMAAH

UMUM

POLRES DOMPU BERIKAN SIRAMAN ROHANI KEPADA TAHANAN DAN SHOLAT DZUHUR BERJAMAAH

Share

tribratanews.ntb.polri.go.id – Dompu NTB -Kegiatan pembinaan Rohani terhadap tahanan yang beragama Islam rutin dilakukan di rutan Polres Dompu. Seperti halnya kemari hari Kamis tanggal 15 Oktober 2021 Sat Tahti Polres Dompu melaksanakan giat Binrohtal dan siraman Rohani dan dilanjutkan dengan Sholat Zhur berzamaah.

Kegiatan pembinaan rohani terhadap tahanan yang beragama Islam di rutan Polres Dompu kali ini diisi dengan ceramah/tausyiah Agama Islam oleh Ustadz KISMAN KURNIAWAN, S.Pd dengan mengambil tema “AGAR KITA SELALU BERSYUKUR, BERSYUKUR”, Kamis ( 14/10/2021 ) pukul 11.00 Wita s.d. selesai.

Dalam Kegiatan Tersebut adapun penyampaian oleh Ustadz Kisman Kurniawan, S.Pd Agar kiota selalu bersyukur dalam 3 Aspek yaitu anatara lain

Syukur melalu lisan
Adalah selalu memuji, mengagungkan kebesaran nama Allah SWT diatas segala makhluk dan ciptaan-Nya yg ada. Seperti ; dengan banyak berdzikir mengingat Allah dalam setiap hentakan nafas, ayunan tangan dan langkah kaki.

Syukur didalam hati
Adalah selalu memikirkan, selalu mendambakan pujian2 kepada Allah SWT dan selalu berniat untuk berbuat kebaikan sebanyak2nya karena hati adalah isi atau cerminan dari pada segala tutur kata dan perilaku kita. Seperti; Hati adalah sebuah panglima tertinggi yg memberikan komando kepada seluruh anggota badan.

Syukur yg dikerjakan oleh seluruh anggota badan*
Adalah apa yg menjadi keinginan hati tentu akan terpaparkan oleh anggota badan lain, seperti ucapan, pandangan, pendengaran, ayunan tangan dan langkah kaki sesuai komando dari hati. Hati memerintahkan mata untuk melihat yg baik, hati memerintahkan untuk mendengarkan yg baik, hati memberikan komandan kepada tangan dan kaki untuk memegang dan melangkah kepada kebaikan.

Seperti yang tertuang dalam surat Al-Baqarah ayat 10 yang berbunyi “(فِی قُلُوبِهِم مَّرَضࣱ فَزَادَهُمُ ٱللَّهُ مَرَضࣰاۖ وَلَهُمۡ عَذَابٌ أَلِیمُۢ بِمَا كَانُوا۟ یَكۡذِبُونَ). Yang artinya didalam hati mereka ada penyakit lalu mereka tidak berhenti atau meninggalkan penyakit itu, maka Allah SWT akan menambahkan penyakit didalam hatinya, demikianlah pembalasan Allah SWT terhadap kedustaan mereka dan sesungguhnya siksaan Allah SWT sangatlah pedih”

Kegiatan diikuti oleh 40 orang Tahanan Polres Dompu khusus yang beragama Islam tersebut dilaksanakan dengan tetap memperhatikan Protokol kesehatan.

Kapolres Dompu AKBP. Syarif Hidayat, SH, S.I.K, melalui Kasat Tahti Ipda Eka Faturahman, SH mengatakan bahwa kegiatan pembinaan rohani terhadap tahanan Polres Dompu adalah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Sat Tahti dan untuk siraman rohani bagi tahanan yang ada di Rutan Polres Dompu, Kata Kasat Tahti.