Polda NTB Sterilisasi Kantor KPU, Amankan Tahap Pengambilan Nomor Urut Cagub/Cawagub

tribratanews.ntb.polri.go.id – Menjelang tahapan pengambilan nomor urut calon Gubernur (Cagub) dan Wakil Gubernur (Cawgub) NTB dalam Pilkada 2024, Unit K-9 Direktorat Samapta Polda NTB melakukan sterilisasi di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Langkah ini diambil untuk memastikan lokasi bebas dari ancaman dan potensi gangguan keamanan,” terang Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol. Rio Indra Lesmana SH, SIK, dalam keterangannya, Senin (23/09).

Sterilisasi ini, lanjut Kombes Rio, melibatkan pelacakan yang dibor untuk mendeteksi bahan peledak serta benda berbahaya lainnya. Kegiatan dimulai dari area luar hingga ke seluruh ruangan kantor KPU NTB guna memastikan keamanan maksimal.

“Sterilisasi ini merupakan langkah preventif rutin yang dilakukan pada acara besar, terutama yang dihadiri oleh tokoh penting. Proses sterilisasi berlangsung tanpa hambatan, dan tidak ditemukan benda mencurigakan di lokasi,” jelas Kabid Humas Polda NTB.

Menurut Kombes Rio, sterilisasi yang dilakukan termasuk ini, agar tahapan penting pengambilan nomor urut calon Gubernur dan Wakil Gubernur Pilkada 2024 bisa berjalan dengan lancar, aman, dan tertib.

“Ini bentuk komitmen kami Polda NTB untuk menjaga keamanan dan kelancaran seluruh tahapan Pilkada serentak 2024, serta mengantisipasi potensi gangguan yang dapat mengganggu jalannya proses demokrasi,” ucapnya.

Selain sterilisasi, Polda NTB dalam kegiatan ini juga menyiagakan personel di berbagai titik strategi guna menjaga perdamaian selama berlangsungnya tahapan Pilkada. Langkah ini diambil untuk memastikan Pilkada 2024 di Provinsi NTB dapat berjalan kondusif.