Provinsi NTB Raih Juara Umum Cabor Shorinji Kempo Pada PON XXI Aceh-Sumut

tribratanews.ntb.polri.go.id. – Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil meraih gelar juara umum di cabang olahraga Shorinji Kempo pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang diadakan di Aceh-Sumatera Utara, tepatnya di GOR KONI Aceh, Banda Aceh, dari tanggal 17 hingga 20 September.

NTB dipastikan menjadi juara umum setelah mengumpulkan empat medali emas, satu perak, dan tiga perunggu dari 22 nomor pertandingan yang dipertandingkan dalam ajang olahraga empat tahunan ini. Empat medali emas NTB diperoleh dari nomor randori perorangan putra kelas 55-60 kg, randori putri kelas 55-60 kg, serta dari embu berpasangan putra dan embu berpasangan campuran.

Posisi kedua diduduki oleh Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berhasil membawa pulang tiga medali emas, lima perak, dan lima perunggu. NTT juga menjadi provinsi dengan jumlah atlet terbanyak, yaitu 23 kenshi. Jawa Barat menempati posisi ketiga dengan perolehan tiga medali emas, dua perak, dan tiga perunggu.

Provinsi Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Sumatera Barat, Bali, dan Aceh, masing-masing memperoleh dua medali emas, dengan posisi klasemen ditentukan berdasarkan jumlah medali perak dan perunggu yang dimiliki. Jawa Tengah dan Papua Barat Daya masing-masing meraih satu medali emas, sementara 15 kontingen lainnya harus pulang tanpa membawa medali emas.

Ketua Umum Perkemi, Laksdya TNI (Purn) Dr. Agus Setiadji, sebelumnya menyatakan bahwa perolehan medali pada cabang olahraga Shorinji Kempo di PON XXI Aceh-Sumatera Utara terdistribusi lebih merata.

“Medali emas tersebar ke berbagai provinsi, tidak ada dominasi berlebihan,” ujarnya.