Polri Ajak Masyarakat Kompak Jaga Suasana Kondusif Pilkada NTB 2024

tribratanews.ntb.polri.go.id – Polri mengajak seluruh elemen masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk tetap memelihara kekompakan dalam menjaga suasana yang kondusif selama penyelenggaraan Pemiliah Kepada Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024.

Ajakan tersebut disampaikan oleh Direktur Pembinaan dan Ketertiban Masyarakat Korbinmas Baharkam Polri, Brigjen Pol. M Rudy Syarifudin dalam silaturahmi Kamtibmas dan Bakti Sosial di Lapangan Bhara Daksa Polda NTB pada Kamis (25/7).

Acara itu dihadiri oleh 500 orang yang berasal dari berbagai kalangan, yakni dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), organisasi kepemudaan, organisasi kemahasiswaan dan elemen masyarakat lainnya.

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan bahwa Polri tidak dapat bekerja sendiri untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama berlangsungnya pilkada pada November mendatang.

Berkaca dari aman dan tertibnya penyelenggaraan pilpres serta pileg pada bulan Februari lalu, menurut dia, keberhasilan itu berkat peran masyarakat dalam menjaga kamtibmas.

“Para Bhabinkamtibmas, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan, organisasi kemahasiswaan dan elemen masyarakat lainnya sangat membantu Polri untuk menyampaikan suksesnya Pilkada 2024,” kata dia.

Dalam acara itu, dia selaku Kasatgas Preemtif Operasi Nusantara Cooling System (Ops NCS) Polri juga menerima masukan-masukan dari para pihak yang hadir agar pilkada bisa berjalan aman dan damai.

“Tadi banyak masukan-masukan dan pertanyaan yang cukup bagus yang akan kita akomodir. Tentunya kita ingin bersama-sama menjaga kekondusifan suasana baik pada menjelang, saat pelaksanaan hingga akhir tahapan pilkada,” katanya

Baca Juga: Kaops NCS Polri Minta Agar Jajaran Polda NTB Bisa Kelola Potensi Konflik Jelang Pilkada 2024

Sementara itu, Ketua FKUB Provinsi NTB, Buya Muhammad Subeki Sasaki mengatakan, masyarakat dan para anggota pengurus FKUB yang hadir di dalam acara tersebut telah berkomitmen penuh untuk menjaga Pilkada Serentak 2024 berjalan lancar.

“Kewajiban kita untuk mengawal agar tahapan pilkada berjalan kondusif di NTB, terjamin dan tidak menimbulkan masalah serta konflik sosial. Ini acara yang luar biasa. Polri sudah melakukan yang terbaik untuk masyarakat untuk mengantisipasi pilkada yang digelar serentak,” ujarnya.

Sebagai ketua dari forum yang menaungi enam agama, dia menyerukan agar para tokoh agama tidak hanya memimpin umatnya, tetapi juga berkewajiban menciptakan suasana yang kondusif di daerah masing-masing.

Sedangkan perwakilan organisasi kemahasiswaan yang tergabung dalam Kelompok Cipayung Plus NTB, Hermawan Jayadi mengatakan, pihaknya akan membantu Polri dalam menjaga suasana yang kondusif di NTB, baik menjelang hingga akhir pelaksanaan pilkada.

“Kami mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama mendukung Polri dalam menyukseskan agar pilkada ini bisa berjalan lancar, aman dan damai,” ucapnya.

Dalam acara itu, digelar pula kegiatan bakti sosial dengan membagikan 1.000 paket sembako. Brigjen Rudy berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat di daerah tersebut.

Acara tersebut turut dihadiri Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Polda NTB Kombes Polisi Dessy Ismail yang mewakili Kapolda NTB Irjen Polisi Raden Umar Faroq.