Polresta Mataram Siapkan Pengamanan Pilkada dengan Gladi Sispamkota

tribratanews.ntb.polri.go.id – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, Polresta Mataram menunjukkan komitmennya dalam menjaga keamanan dan ketertiban dengan menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota).

Kegiatan ini dilaksanakan di depan Kantor Gubernur NTB, Jalan Pejanggik Kota Mataram, dan melibatkan 556 gabungan personel dari Polresta Mataram, Polsek, TNI, Sat Brimobda NTB, serta Pemerintah Kota Mataram.

Wakapolresta Mataram, AKBP I Wayan Sudarmanta, SIK, MH, saat memimpin apel kesiapan, menyatakan bahwa latihan ini berlangsung selama dua hari, mulai 19 hingga 20 Juli 2024.

“Latihan sispamkota ini dimaksudkan untuk memaksimalkan persiapan personel dalam menghadapi pemilu serentak 2024,” ujar AKBP Sudarmanta.

Menurut orang nomor dua di Polresta Mataram ini, gladi simulasi yang digelar pihaknya menjadi bagian dari rangkaian kesiapan pengamanan Pilkada 2024 dengan  melibatkan berbagai pihak, termasuk TNI, Polri, Satpol PP, Linmas, dan Damkar.

Wakapolresta Mataram juga menekankan pentingnya situasi kamtibmas wilayah yang kondusif sebagai syarat utama dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2024 di Provinsi NTB.

“Kegiatan ini merupakan upaya penting untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel dengan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta kesiapan dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi ke depannya,” tambahnya.

Latihan tersebut bertujuan agar para petugas pengamanan dapat memahami tugas dan fungsinya saat berada di lapangan. Dalam simulasi ini, skenario-skenario yang berpotensi terjadi selama Pilkada dipraktekkan, memastikan semua personel siap untuk merespons dengan cepat dan tepat.

Hal ini juga memperlihatkan sinergi antara berbagai elemen keamanan dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi masyarakat. Wakapolresta mengingatkan bahwa meski masyarakat memiliki pilihan politik yang berbeda, keamanan dan kenyamanan bersama harus tetap dijaga.

Wakapolresta Mataram berharap agar masyarakat dapat menyambut Pilkada 2024 dengan tenang dan damai. Dengan persiapan yang matang ini, Polresta Mataram siap mengawal proses demokrasi dengan optimal.

“Kami berharap, apa pun pilihan masyarakat, tetap bisa menjaga keamanan dan kenyamanan bersama dalam menyambut Pilkada 2024 yang akan datang,” pungkas Wakapolresta Mataram.