Polresta Mataram Latihan Pengendalian Massa, Antisipasi Gangguan Kamtibmas Pilkada 2024

tribratanews.ntb.polri.go.id. – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Mataram menggelar Latihan Peningkatan Kemampuan (Latkatpuan) pengendalian massa bagi personelnya. Kegiatan dilaksanakan di area Eks Bandara Selaparang, Jalan Adi Sucipto, Rembiga, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (21/09) pagi tadi.

Latihan ini melibatkan 321 personel yang masing – masing terdiri dari Kompi Dalmas Inti, Kompi Dalmas Kerangka, Dalmas Humanis Polwan, Negosiator, serta Kompi Dalmas dari Polsek jajaran.

Dalam kegiatan tersebut hadir langung Kapolresta Mataram Kombes Pol Dr. Ariefaldi Warganegara SH, SIK, serta sejumlah pejabat penting di Polresta Mataram, termasuk Kabag SDM Kompol I Gede Ariadana SH, Kasat Samapta Kompol Supyan Hadi SH, Kasat Intel Kompol Hatta SIP, serta Kasi Propam AKP Gufron, bersama dengan para Kanit dan Panit Polsek.

Kombes Pol Ariefaldi dalam keterangannya disela kegiatan menjelaskan bahwa latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan personel Polri dalam pengendalian massa, sekaligus menjaga profesionalisme dalam pelaksanaan tugas-tugas kedepan.

“Latihan ini juga dirancang sebagai antisipasi terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang,” Jelasnya.

Dalam pelaksanaan latihan ini, sambung Kapolres Mataram, dimulai dengan pemberian arahan dan teori dasar kepada personel. Hal ini agar petugas mampu memahami tahapan pengendalian massa sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

“Selain meningkatkan keterampilan teknis, latihan ini kita gelar untuk memperkuat fisik, mental dan kekompakan anggota dalam menghadapi aksi unjuk rasa, tindak kejahatan maupun gangguan keamanan sebagai upaya untuk menciptakan rasa aman masyarakat,” tegas Kombes Pol. Ariefaldi.

Pada kesempatan itu juga, pucuk pimpinan Polresta Mataram mengajak seluruh pihak dan elemen masyarakat untuk mendukung upaya Polri dalam menjaga situasi Harkamtibmas, seraya berharap agar situasi di wilayah hukum Polresta Mataram tetap aman dan kondusif.

“Kami berharap dukungan masyarakat, serta terus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar situasi tetap tenang dan damai,” tandas Kapolresta Mataram.