Polisi Selidiki Kasus Pembuangan Bayi Baru Lahir di Utan Sumbawa

tribratanews.ntb.polri.go.id – Warga Desa Motong, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) dihebohkan penemuan bayi berjenis kelamin laki-laki di rumah sawah, Rabu (10/07/2024) siang.

Kapolres Sumbawa melalui Kapolsek Utan, Iptu Awaluddin saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut. Bayi tersebut diduga dibuang sesaat setelah lahir. Pasalnya, saat ditemukan saksi M Jafar Husein, kondisi tali pusar dan ari-ari masih menempel di perut.

“Benar kami mendapat laporan tentang penemuan bayi baru lahir berjenis kelamin laki-laki ini. Kami langsung mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) bersama petugas Puskesmas Utan dan menghubungi Dinas Sosial,” jelas dia.

Terkait pelaku, Kapolsek Utan menerangkan, pihaknya tengah melakukan penyelidikan mendalam guna mencari tahu siapa pelaku yang tega melakukan tindakan keji terhadap bayi tidak berdosa ini. Ia mengimbau masyarakat agar menyerahkan penanganan kasus ini kepada pihak kepolisian.

“Kasus ini masih kita dalami. Kami sudah berkoordinasi juga dengan Sat Reskrim Polres Sumbawa guna mencari tahu siapa orang tua si bayi. Kami harap masyarakat tetap tenang,” Ujar dia.

Iptu Awaluddin menjelaskan kronologi penemuan bayi. Saat itu saksi pertama yang menemukan si bayi yakni warga atas nama M Jafar Husein yang datang ke sawahnya di Uma Setukal Desa Motong untuk menyiram tanaman cabai.

Saat tengah asik menyiram cabai, saksi mendengar suara rintihan dari atas rumah sawah. Ia menduga suara anak kucing. Namun setelah diperiksa, saksi kaget karena melihat bayi terbungkus kain.

Kemudian, ia berlari ke jalan raya meminta bantuan warga yang melintas untuk melaporkan kejadian ini kepada pihak kepolsian. Selanjutnya, bayi tersebut dievakuasi ke Puskesmas Utan menggunakan mobil ambulance untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

“Saat ini bayi dalam perawatan pihak Puskesmas Utan dalam keadaan sehat dengan berat badan 2.615 gram dan panjang 46 cm,” tandas Kapolsek Utan.