Polisi Pastikan Keamanan Tradisi Adat Nyongkolan Masyarakat

tribratanews.ntb.polri.go.id – Pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Narmada, Polresta Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan pengamanan dan pengawalan masyarakat yang sedang melangsungkan adat Nyongkolan dari warga Kopang, Lombok Tengah.

Tradisi adat masyarakat ini dilaksanakan oleh warga Kecamatan Kopang, Lombok Tengah menuju Dusun Tanak Beak Timur, Desa Tanak beak, Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Rabu, (03/07).

“Pengamanan ini kita laksanakan guna menjamin situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif saat gelaran adat masayarakat ini berlangsung,” jelas Kapolsek Narmada AKP Ahmad Majmuk SPd saat dikonfirmasi seusai pelaksanaan pengamanan tersebut.

AKP Majmuk menyebut selain memberikan pengamanan fisik, personil Kepolisian juga aktif memberikan himbauan kepada masyarakat peserta adat nyongkolan serta pihak keluarga pengantin untuk mematuhi aturan lalu lintas, menjaga ketertiban, dan menjaga kondusifitas keamanan.

“Dengan kerjasama yang baik dari semua pihak tentunya sangat penting dalam menjaga keamanan bersama rangkaian adat masyarakat ini. Upaya ini merupakan langkah dan wujud komitmen Kepolisian dalam menjaga keamanan serta melindungi kearifan lokal wilayah,” ujar Kapolsek Narmada.

Nyongkolan ini merupakan sebuah tradisi adat masyarakat Lombok yang menyertai rangkaian acara tradisi prosesi perkawinan adat sasak yang dilakukan dengan iring – iringan dari pihak Keluarga pengantin Pria ke rumah mempelai wanita.