Polisi Lakukan Penertiban, Upaya Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas

tribratanews.ntb.polri.go.id – Guna meningkatkan kesadaran berlalu lintas, Polsek Narmada Polresta Mataram Polda NTB melakukan penertiban pengguna kendaraan terhadap siswa/siswi sekolah bertempat di depan Mapolsek Narmada Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Lombok Barat. Sabtu, (31/08/2024)

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kapolsek Narmada AKP Ahmad Majmuk. S.Pd berserta personel Polsek Narmada. Dalam keterangannya seusai kegiatan, ia menyebut bahwa pelaksanaan penertiban ini difokuskan pada pengguna kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan aturan berkendara.

“Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mematuhi peraturan berlalu lintas dan juga sebagai upaya bersama untuk mengurangi tingkat kecelakaan di wilayah hukum Polsek Narmada,” terang AKP Ahmad.

Sebelum dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu terhadap pengendara anak-anak sekolah yang melewati depan Mapolsek diarahkan masuk ke halaman Polsek dan di lakukan pemeriksaan kelengkapan kendaraan.

Terhadap para siswa/siswi anak – anak sekolah yang tidak lengkap, sambung Kapolsek Narmada, petugas kemudian mendata untuk dilakukan pemanggilan kepada orang tua/wali masing- masing guna diberikan arahan tentang tata tertib berkendara di jalan raya.

“Kita langsung panggil orang tua siswa/siswi yang tidak tertib. Ini kita lakukan supaya orang tua ikut berperan dalam menjamin keselamatan anak – anak mereka,” ujar dia.

Kapolsek Narmada juga mengimbau kepada orang tua untuk tidak memberikan anak-anaknya menggunakan kendaraan sendiri untuk antisipasi terjadinya fatalitas laka lantas.

“Setelah para orang tua diberikan arahan bagi kendaraan yang kurang lengkap diberikan kesempatan untuk melengkapi kendaraanya, dan apabila ditemukan kembali ada kendaraan yang tidak lengkap baik helm ataupun kelengkapan lainnya akan dilakukan tindakan tegas berupa tilang,” tutupnya.