Polisi Jamin Keamanan Kepulangan Jamaah Haji NTB

tribratanews.ntb.polri.go.id – Pihak Kepolisian melakukan pengawalan dan pengamanan kloter kedua kepulangan jamaah haji Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Kegiatan itu digelar jajaran Kepolisian dari para jamaah tiba di Bandara (Lombok Tengah) menuju ke Asrama Haji (Mataram).

“Kegiatan ini digelar sejak beberapa hari yang lalu oleh jajaran Polda NTB dari Polresta Mataram dan Polres Lombok Tengah. Upaya ini merupakan wujud komitmen kami (Polri) dalam menjamin keamanan kedatangan seluruh jamaah haji,” ujar Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol. Rio Indra Lesmana S.H., S.I.K., saat dikonfirmasi, Selasa (25/06).

Dijelaskan Kombes Rio, dalam pelaksanaanya dimulai pada sejak kedatangan para Jemaah di Bizam oleh Polres Lombok Tengah kemudian di kawal menuju ke Asrama Haji, Kota Mataram.

“Sedangkan untuk keamanan di Asrama Haji. Petugas kami dari Polresta Mataram sudah sejak beberapa hari kemarin standby melakukan pengamanan untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan,” Ujar dia.

Sementara itu, ditemui terpisah, Kabag Ops Polresta Mataram Kompol I Gede Sumadra Kerthiawan SH MH menjelaskan kegiatan pengamanan tersebut digelar pihaknya berdasarkan Surat Perintah nomor Sprin / 1068 / VI / PAM .3.3./ 2024.

Ia menyebut bahwa pelaksanaan kegiatan pengamanan di Asrama Haji Kota Mataram yang dilakukan oleh pihaknya tersebut sudah dimulai sejak beberapa hari sebelum kedatangan para calon jamaah haji guna mensterilkan lokasi.

“Kami telah menyiapkan personel untuk mengamankan kepulangan jamaah selama berada di Asrama haji ini. Upaya ini kita lakukan untuk memastikan situasi kamtibas dan kondisi arus lalu lintas di sekitar asrama tetap aman,” ucap dia.