Polisi Gerak Cepat Padamkan Kebakaran Lahan Agar Tidak Merembet Ke Pemukiman Warga

tribratanews.ntb.polri.go.id – Polsek Ampenan, Polresta Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) sigap melakukan upaya pemadaman kebakaran lahan di sekitar perumahan Elit Kota Mataram Asri, Lingkungan Ansor, Kelurahan Jempong Baru, Kecamatan Sekarbela.

“Kami setelah menerima laporan tentang peristiwa ini langsung menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk membantu proses pemadaman kobaran api,” terang Kapolsek Ampenan AKP Gede Sukarta S.H., saat dikonfirmasi di lokasi kebakaran lahan, Kamis, (11/07).

Dijelaskan, pihak Kepolisian bersama masyarakat dibantu 2 unit mobil Damkar Kota Mataram selama kurang lebih satu jam telah berhasil memadamkan kobaran api di lahan tersebut.

“Sekitar satu jam lebih kita lakukan pemadaman, sukur titik api berhasil kita padamkan dan kebakaran ini tidak merambat kemana – mana,” terang AKP Sukarta.

Dari hasil penyelidikan yang telah dilakukan dan berdasarkan keterangan sejumlah saksi mata di sekitar lokasi kejadian, peristiwa kebakaran lahan kosong tersebut disebabkan adanya warga yang membakar ranting dan daun di area tanah kosong tersebut dan menyebar luas akibat tiupan angin kencang.

“Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa, maupun kerugian berupa barang atau material lainnya yang ikut terbakar. Api juga berhasil dipadamkan dan tidak merembet meluas ke pemukiman warga,” ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Ampenan menghimbau masyarakat sekitar agar tidak mengulangi lagi perbuatan membakar sampah ataupun dedaunan di tanah kosong yang bisa memicu kebakaran lahan karena hal ini tentunya sangat membahayakan.

“Apabila ingin membakar sampah agar pastikan apinya dipadamkan setelah itu. Pastikan api yang dibuat tidak merambat yang mengakibatkan kebakaran lahan seperti ini. Mari kita jaga situasi kamtibmas wilayah Ampenan tetap kondusif,” tutup dia.