Polisi Gerak Cepat Padamkan Karhutla di Bima NTB

tribratanews.ntb.polri.go.id – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di wilayah Doro Mangge Nggawa, Dusun Sowa, Desa Kananta, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Kamis (13/06) sekitar pukul 20.00 Wita Malam.

Mendapat informasi terkait peristiwa karhutla tersebut, pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Soromandi, Polres Bima langsung bergerak cepat menuju lokasi serta melakukan pemadaman sejumlah titik api bersama personel TNI, pihak terkait dan masyarakat setempat.

“Sesampainya di Tempat Kejadian Perkara (TKP) personel bersama warga sekitar berusaha melakukan pemadaman titik api menggunakan peralatan seadanya. Alhamdulillah api berhasil kita padamkan,” kata Kasi Humas Polres Bima Iptu Adib Widyaka dalam keterangannya, Jum’at (14/06)

Iptu Adib membeberkan adapun luas lahan yang terbakar tersebut mencapai sekitar 2 Hektar. Dari hasil olah TKP yang dilakukan pihak Kepolisian, diduga kebakaran lahan tersebut terjadi akibat aktifitas warga setempat yang akan membuka lahan pertanian di kawasan tersebut.

Dalam kesempatan itu, sambung Kasi Humas, petugas Kepolisian juga memberikan himbauan dan pemahaman kepada masyarakat setempat untuk tidak lagi mengulangi perbuatan serupa. Masyarakat dihimbau untuk tidak lagi membersihkan lahan pertanian dengan cara membakar.

“Hal ini demi kebaikan bersama. Kita berupaya meminimalisir segala hal yang dapat membahayakan keselamatan dan ketertiban serta potensi kerusakan hutan di wilayah kita,” tutup Iptu Adib.