Polisi Gagalkan Aksi Balap Liar di Sumbawa, 8 Remaja Diamankan dan Dibina

tribratanews.ntb.polri.go.id – Sat Samapta Kepolisian Resor (Polres) Sumbawa berhasil menggagalkan aksi balap liar yang dilakukan Kelompok Pemuda di sekitar jalan lintas Sumbawa – Lunyuk di Desa Boak, Kecamatan Unter Iwes, sekitar pukul 00.25 Wita.

“Aksi balap liar berhasil kami gagalkan dan turut mengamankan sebanyak 8 orang remaja yang di dominasi oleh pelajar berikut kendaraan mereka,” terang Kasat Samapta IPTU Tahir Lantu, saat dikonfirmasi Senin (27/05).

Iptu Tahir menerangkan keberhasilan penggagalan aksi balap liar yang meresahkan warga tersebut berawal dari petugas Kepolisian yang menerima informasi dari masyarakat bahwa di Tempat Kejadian Perkara (TKP) tersebut kerap dijadikan lokasi ajang balap liar oleh sejumlah remaja.

“Berbekal informasi itu, Kami (Polri) langsung melakukan pengecekan dan benar saja ditemukan sejumlah remaja yang tengah berkumpul untuk melakukan balap liar dan langsung kita amankan,” ucapnya.

Kasat Samapta Polres Sumbawa menyebut upaya yang dilakukan pihaknya itu dilakukan untuk menjamin kenyamanan masyarakat mengingat aksi balap liar yang dilakukan remaja tersebut membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain disekitar lokasi.

“Saat kita amankan, para remaja ini diberikan pembinaan berupa tindakan disiplin oleh petugas sebagai bentuk efek jera. Mereka juga kita minta untuk membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatannya di depan para orang tuanya masing-masing” kata Iptu Tahir.

Dalam kesempatan tersebut, pihak Kepolisian juga meminta dan menghimbau para orang tua agar senantiasa mengawasi anak-anaknya dalam bergaul sehingga tidak terjerumus ke dalam kenakalan ramaja yang memiliki dampak negatif.

“Kami (Polri) mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama – sama menjaga situasi wilayah tetap kondusif,” tutupnya.