Polisi Fasilitasi Perdamaian Dua Kelompok Warga Terlibat Bentrok di Mataram

tribratanews.ntb.polri.go.id. – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Mataram memfasilitasi perdamaian antara dua kelompok warga terlibat bentrok di Kelurahan Pagutan Timur, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang terjadi pada Rabu (26/06) dini hari.

Kesepakatan damai itu setelah Kepala Polres Kota Mataram Kombes Pol Ariefaldi Warganegara bersama pihak TNI mengajak tokoh masyarakat dan kepala lingkungan warga yang berkonflik di Kelurahan Pagutan Timur, yakni Lingkungan Petemon dan Lingkungan Karang Genteng, melakukan pertemuan di Markas Polsek Mataram.

“Jadi, dari hasil pertemuan di Polsek Mataram pada subuh hari tadi menghasilkan kesepakatan damai dari kedua lingkungan tersebut,” kata Kombes Pol. Ariefaldi, dalam keterangan yang diterima media ini, Kamis (27/06).

Dari pemaparan warga kedua lingkungan, sambung Kapolresta Mataram, bentrok terjadi lantaran adanya kesalahpahaman, dan kedua belah pihak juga telah bersepakat apabila ada permasalahan lebih lanjut akan mengedepankan penyelesaian melalui mediasi.

“Setelah mengetahui permasalahannya, kedua lingkungan sepakat untuk berdamai dan berjanji tidak mengulangi lagi aksi yang dapat menimbulkan banyak kerugian. Jadi, mereka sepakat dengan menandatangani surat perdamaian,” Kata Kombes Ariefaldi.

Pucuk Pimpinan Polresta Mataram tersebut dalam kesempatan itu mengimbau masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dengan segala bentuk isu perselisihan yang berkembang di tengah masyarakat.

“Jadi, alangkah baiknya kita sama-sama saling jaga dari gangguan yang dapat menghambat dan merugikan kita. Apabila ada permasalahan di tengah masyarakat sebaiknya selesaikan dengan cara damai,” Pinta dia.

Sebagai bentuk antisipasi, kata Kapolresta Mataram, pihak TNI-Polri turut mengerahkan personel untuk melakukan pengamanan di lokasi bentrok yang terjadi pada Rabu dinihari, yakni di Lapangan Karang Genteng, Kota Mataram.