Polisi Bersama Warga Evakuasi Jenazah WNA Taiwan yang Tenggelam di Perairan Gili Air

tribratanews.ntb.polri.go.id – Personel Kepolisian bersama masyarakat Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan evakuasi Warga Negara Asing (WNA) asal Taiwan meninggal tenggelam di sekitar perairan Giri Air.

“Kami (Polisi) setelah mendapat laporan tentang peristiwa ini langsung menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP) guna melakukan penyelamatan dan evakuasi,” Kata Kapolsek Pemenang Iptu Hadi Suprayitno S.Sos. dalam keterangannya yang di terima media ini, Rabu (26/06).

Iptu Hadi menerangkan terkait identitas WNA Taiwan yang ditemukan meninggal tenggelam didasar laut ini atas nama Fang Jhih Jie (33). Ia dilaporkan tenggelam saat snorkeling di perairan Giri Air.

Sementara kronologi penemuan mayat korban ini, Kata Kapolsek Pemenang, diketahui, Jie awalnya snorkeling di depan Sandi Beach Bungalow, Dusun Gili Air, sekitar pukul 10.30 Wita. Kemudian, tak berselang lama, ada turis asing lain yang snorkeling di area tersebut sekitar pukul 12.00 Wita.

Turis asing itu kemudian melihat Jie berada di dasar laut dalam keadaan terlentang tidak bergerak. Saksi selanjutnya memberitahukan hal tersebut ke wisatawan lain dan pihak bungalow tempat ia menginap. Mereka kemudian melaporkan hal ini ke pihak Kepolisian serta menghubungi tim medis.

“Korban berhasil di evakuasi ke Permukaan dan sempat mendapat pertolongan pertama dari tenaga medis dengan cara menekan di bagian dada korban. Namun, korban tidak merespons,” jelas Iptu Hadi.

Atas kejadian tersebut petugas Kepolisian bersama tenaga medis dan warga setempat langsung membawa jenazah WNA Taiwan itu ke rumah sakit Bhayangkara, Kota Mataram.

“Kami (Polisi) Masih mendalami dan melakukan penyidikan guna mencari tahu penyebab pasti kematian WNA tersebut. Jenazah sudah di larikan ke Rumah Sakit untuk Proses Visum Luar,” Tutup Kapolsek Pemenang.