Polisi Beri Edukasi Cegah Bullying di Lingkungan Sekolah di Praya Lombok Tengah

tribratanews.ntb.polri.go.id – Kepolisian Sektor (Polsek) Praya, Polres Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) memberikan edukasi dengan menggelar kegiatan sosialisasi dan penyuluhan tentang bahayanya perundungan (bullying) kepada siswa/siswi di  SDN Sundil, Desa Montong Terep, Kecamatan Praya.

“Ini sebagai upaya kami (Polri) dalam mencegah aksi bullying  di lingkungan sekolah karena hal ini wajib dicegah sejak usia dini karena akan memberikan berdampak negatif baik pada korban maupun pelaku,” terang Kapolsek Praya Iptu Susan V Sualang saat dikonfirmasi media ini, Jum’at (12/07).

Diterangkan Kapolsek, peristiwa bullying ini beberapa kasus kerap ditemui dan terjadi di beberapa wilayah terutama di lingkungan sekolah. Hal ini tentunya harus apabila dibiarkan dapat merambat menjadi kenakalan remaja. Oleh karenanya, ia bersama pihaknya melakukan sosialisasi tersebut mulai dari tingkat Sekolah Dasar.

Tujuan sosialisasi ini, kata Iptu Susan, agar dapat memberikan pemahaman kepada siswa ataupun siswi. Sehingga diharapkan dapat menjaga diri dari tindakan bullying yang merugikan diri sendiri serta orang lain.

“Untuk mengatasi bullying diperlukan kerja sama dan peran serta dari pihak sekolah, sehingga nantinya dapat memahami kerugian dan dampak dari bullying,” ujar dia.

Dengan adanya pembekalan ini, sambung Kapolsek Praya, para tenaga pendidik dan siswa dapat memahami dampaknya, sehingga diharapkan dapat mencegah adanya aksi bullying baik itu di lingkungan sekolah ataupun di luar.

“Intinya kepada para tenaga pendidik atau guru dan orang tua agar tetap berikan pemahaman terkait bahaya perundungan kepada anak – anak kita,” tutup Iptu Susan.