Polda NTB Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Selama MotoGP 2024, Antisipasi Lima Titik Utama

tribratanews.ntb.polri.go.id – Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) telah merancang manajemen rekayasa lalu lintas untuk memastikan kelancaran selama penyelenggaraan MotoGP 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit, yang akan berlangsung dari tanggal 27 hingga 29 September 2024.

“Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan dari lima pintu masuk utama ke Pulau Lombok,” terang Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda NTB, Kombes Pol. Romadhoni Sutardjo S.I.K., M.H. dalam keterangannya, Selasa (24/09).

Ia menyatakan bahwa rekayasa lalu lintas akan diberlakukan di empat pelabuhan dan satu bandara, yaitu Pelabuhan Kayangan, Bangsal, Lembar, Gili Mas, serta Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) di Lombok Tengah.

“Kami telah menyiapkan strategi manajemen lalu lintas yang matang, terutama di lima pintu masuk utama menuju ke Pulau Lombok,” ujar Perwira Menengah (Pamen)  Polri itu.

Langkah ini, sambung Dir Lantas Polda NTB, dilakukan karena selain tingginya minat penonton, kehadiran Presiden Joko Widodo dan calon presiden terpilih 2024, Prabowo Subianto, diperkirakan akan meningkatkan intensitas arus kendaraan, terutama pada tanggal 29 September 2024 (hari ketiga) saat acara puncak MotoGP berlangsung.

Rekayasa Lalu Lintas Tanpa Penutupan Jalan

Kombes Romadhoni menegaskan bahwa meskipun ada kehadiran tokoh penting, penutupan jalan hanya akan dilakukan sementara ketika iring-iringan kendaraan melintas. Untuk rute dari Bandara BIZAM menuju sirkuit, pihaknya memastikan pola rekayasa lalu lintas hampir sama dengan MotoGP tahun sebelumnya, namun tanpa pemberlakuan contraflow yang biasanya diterapkan saat kedatangan penonton.

“Perubahan yang kami lakukan dibandingkan tahun lalu adalah tidak ada contraflow pada kedatangan penonton. Namun, contraflow akan diterapkan pada saat kepulangan karena pergerakan penonton lebih tinggi,” jelasnya.

Baca Juga : Panduan Lengkap Rute Menuju Sirkuit Mandalika, Akses dari Dermaga Lombok Barat, Bandara BIZAM, dan Lombok Timur

Pospam dan Pos Sekat Didirikan

Untuk memastikan keamanan dan kelancaran di luar kawasan sirkuit, Polda NTB juga telah mendirikan pos pengamanan (pospam) dan pos penyekatan (pos sekat) di beberapa titik strategis. Pospam akan ditempatkan di seluruh pintu masuk ke sirkuit, sementara pos sekat akan berada di titik krusial seperti Bundaran BIZAM, Bundaran Mong, dan Bundaran Tri Putri dekat Masjid Nurul Bilad Mandalika.

Sistem “no sticker no access” akan diberlakukan, di mana hanya kendaraan penonton yang memiliki stiker khusus yang diizinkan melintas melalui pos sekat. “Kami akan memastikan hanya penonton dengan stiker resmi yang bisa melewati pos sekat. Ini untuk menghindari kemacetan dan memastikan keamanan,” tegas Kombes Pol. Romadhoni.

Dengan manajemen rekayasa lalu lintas yang telah disiapkan, diharapkan penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2024 berjalan lancar tanpa gangguan lalu lintas yang berarti.

Baca Juga : Amankan MotoGP Indonesia 2024, Polda NTB Gelar Pasukan Cek Personel dan Peralatan
Baca Juga : Polda NTB Dirikan Pos Pengamanan MotoGP Mandalika 2024 di Pelabuhan Lombok Barat