Polda NTB Pastikan Kesiapan Pengamanan Tahap Pungut dan Hitung Suara Pemilu 2024

TBNews.ntb. –  Polda NTB menggelar kegiatan apel kesiapan pengamanan dan pengecekan logistik Tahap Pemungutan Suara Pemilu 2024 yang bertempat di Lapangan EX Bandara Selaparang, Kota Mataram. Senin (05/02) pagi tadi.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda NTB Irjen Pol. Drs. R. Umar Faroq S.H., M.Hum. dan dihadiri juga oleh PJ. Gubernur NTB, Danrem 162/WB, Wakapolda NTB, Danlanud ZAM Rembiga, Forkopimda NTB, serta ratusan personel gabungan TNI Polri dan Pol PP yang akan melaksakan pengamanan TPS di seluruh wilayah Provinsi NTB.

Dalam kesempatan tersebut, Pucuk Pimpinan tertinggi Polda NTB itu mengatakan bahwa Tahap pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024, merupakan proses terpenting dalam rangkaian agenda pengamanan Polri saat pelaksanaan Operasi Mantap Brata (OMB) Rinjani 2023 – 2024 oleh personel Polda NTB

“Apel ini kita gelar sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan personel Polda NTB maupun sarana prasarana pengamanan saat tahapan pungutan suara pada 14 Februari di seluruh Tempat Pungutan Suara (TPS) yang ada di Kab/Kota di wilayah Provinsi NTB,” Terang Irjen Pol. R. Umar.

Pada kesempatan itu, Kapolda NTB juga berpesan agar terus mengantisipasi setiap potensi kerawanan saat pemungutan dan perhitungan suara di setiap TPS. Ia juga menegaskan agar dalam pelaksanaan tugas dilapangan para personel Polri untuk dapat selalu membangun kerjasama dan sinergitas yang baik dengan seluruh pihak.

“Kerjasama merupakan kunci utama dalam kesuksesan pelaksanaan tugas – tugas pengamanan demi menciptakan situasi harkamtibmas wilayah tetap aman dan kondusif,” ucap Kapolda NTB.

“Saya juga mengingatkan agar kita semua untuk menjaga netralitas selama pelaksanaan pengamanan, hindari politik praktis serta jaga etika kenegaraan dengan wajib bersikap netral dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2024,” Imbuh Irjen Pol. R. Umar Faroq.

Pati Polda NTB Saat Kegiatan tersebut menjelaskan bahwa sebanyak 7.629 personel pengamanan yang terdiri dari gabunga Polri dan TNI di NTB diterjunkan dalam tahapan ini. Dengan rincian, Polda serta jajaran Polres sebanyak 7.352 personel dan TNI 277 personel.

“Untuk Dropping peronel akan kita lakukan H-2 pelaksanaan pemilu, tanggal 12 Februari sudah menuju lokasI TPS. Untuk mengamankan sebanyak 16.244 TPS di NTB dan kotak-kotak suara yang berada di sekitar TPS,” Tutup Kapolda NTB.