Polda NTB Gelar Rakor dan Sosialisasi Anggaran Pengamanan Pilkada 2024

tribratanews.ntb.polri.go.id – Polda NTB menggelar kegiatan rapat koordinasi (Rakor) dan sosialisasi penggunaan anggaran pengamanan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Tahun 2024.

Kegiatan yang bertempat di Hotel Lombok Astoria, Kota Mataram, Kamis (20/05) pagi tadi, yang dipimpin dan dibuka secara langsung oleh Kapolda NTB Irjen Pol. Drs. R. Umar Faroq S.H., M.Hum. Serta diikuti segenap Pejabat Utama dan Kapolres/ta Jajaran Polda NTB.

Dalam sambutannya, Pucuk pimpinan Polda NTB itu menyampaikan pentingnya pengelolaan anggaran yang transparan dan akuntabel. Ia menyebut penggunaan anggaran harus tepat sasaran dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Hal itu, lanjut Kapolda NTB bertujuan guna mendukung upaya Kepolisian dalam memastikan kelancaran serta keamanan seluruh tahapan pelaksanaan Pilkada Tahun 2024 di Provinsi NTB nanti.

“Penggunaan anggaran ini juga harus bisa dipertanggung jawabkan pengelolaannya. Penggunaan anggaran yang efektif dan efisien menjadi kunci dalam mencapai tujuan dari pengamanan kegiatan tersebut,” ucap Irjen Umar Faroq.

Kapolda menyebut, Pilkada merupakan momen penting bagi demokrasi di Indonesia khususnya Provinsi NTB. Polri dalam perhelatan pesta demokrasi itu harus memastikan semua tahapan dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.

Sebagai penjamin situasi, tegas Irjen Umar Faroq, Jajaran Polda NTB harus siap menghadapi berbagai kemungkinan serta memastikan bahwa setiap tahapan pelaksanaan Pilkada terlindungi dari ancaman dan gangguan kamtibmas.

“Rapat koordinasi ini diharapkan dapat menghasilkan rencana pengamanan yang terintegrasi serta meningkatkan sinergi antara kepolisian, pemerintah daerah, dan instansi terkait dalam menyukseskan Pilkada 2024,” tandas Kapolda NTB.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Karoops Polda NTB Kombes Pol. Abu Bakar Tertusi S.I.K., memaparkan terkait tahapan pilkada akan dimulai dengan pendaftaran calon yang akan digelar pada tanggal 24 Agustus mendatang.

“Sesuai dengan petunjuk bapak Kapolda NTB tadi, mengenai anggaran pengamanan Pilkada akan diserahkan ke Kapolres Jajaran Polda NTB dan diharapkan dapat dikelola dengan baik serta bisa dipertanggung jawabkan sesuai ketentuan,” ucapnya.