Polda NTB Beri Dukungan Psikologis Casis Bintara Polri yang Terkena Musibah

tribratanews.ntb.polri.go.id – Tim Konselor Rekrutmen Polri dari Biro SDM Polda NTB berikan pendampingan dan dukungan psikologis kepada salah satu calon siswa (Casis) atas nama Alif Rahmat peserta seleksi penerimaan Bintara Polri Tahun Anggaran 2024 asal Bima Kota yang menerima kabar duka Ibu Kandungnya meninggal dunia. Rabu (12/06).

Dalam pelaksanaanya, tiga orang personel yang dipimpin Ketua Tim Konselor Polres Bima Kota Birgadir Ni Made Reni Kumari bersama Bripda Riyan mendatangi kediaman (kost) casis Alif Rahmat di wilayah Jalan Irigasi V, Kelurahan Kekalek Jaya, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk memberikan dukungan psikologis menggunakan metode konseling.

“Kegiatan ini merupakan wujud empati, dukungan dan perhatian kami (Tim Konselor) Biro SDM Polda NTB kepada para peserta seleksi penerimaan anggota Polri yang tengah mengalami musibah,” Jelas Brigadir Reni Kumari saat dikonfirmasi media ini, Kamis (13/06) pagi tadi.

Di kos-kostan casis tersebut, sambung Brigadir Reni, Tim Konselor mencoba menenangkan perasaan Alif Rahmat yang sangat terpukul atas kepergian sang ibu. Tim konselor juga mencupkan rasa bela sungkawa serta mengingatkan Alif untuk sabar dan tabah dalam menerima cobaan ini dengan lapang dada.

Selaku penanggung jawab casis dari Polres Bima Kota, diakui Brigadir Reni, ia sudah melakukan koordinasi dan meminta ijin kepada para panitia penerimaan terpadu anggota Polri agar casis Alif yang saat ini masih menjalani tahapan seleksi agar dapat diijinkan untuk pulang sebentar ke Bima guna melihat jenazah almarhum ibunya untuk terakhir kali.

“Kita dari tim konselor sudah berkoordinasi dengan panitia untuk memberikan ijin kepada casis agar bisa pulang ke Bima sebentar. Namun dari pihak Keluarga di Bima Kota tidak mengijinkan dan meminta melanjutkan seleksi penerimaan Bintara Polri,” katanya.

“Ini sebagai upaya kami selaku tim konselor untuk memfasilitasi para casis saat proses rekrutmen ini belangsung,” imbuh Brigadir Reni.

Pada kesempatan tersebut, Brigadir Reni juga memberikan motivasi kepada casis Alif Rahmat untuk tetap semangat dan terus berusaha dalam menjalani segala tahapan seleksi penerimaan Bintara Polri sesuai permintaan keluarga di Bima Kota.

Ditemui terpisah, Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol. Rio Indra Lesmana S.H., S.I.K., menjelaskan terkait Tim Konselor pada Rekrutmen Polri Tahun Anggaran 2024 tersebut telah disiapkan oleh Satker Biro SDM Polda NTB yang diambil dari perwakilan satuan wilayah (Satwil) jajaran.

“Masing-masing wilayah sudah disiapkan dua orang personel dari Polres Jajaran sebagai tim Konselor yang bertugas untuk melakukan pendampingan terhadap para peserta seleksi penerimaan terpadu anggota Polri di Polda NTB,” pungkas Kombes Rio.