Polda NTB Akan Menerjunkan Sekitar 3.000 Personel Amankan MotoGP 2024 di Sirkuit Mandalika

tribratanews.ntb.polri.go.id. – Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) berencana akan menerjunkan sekitar 3.000 personel dalam agenda pengamanan perhelatan event Internasional MotoGP tahun 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok  yang akan berlangsung pada 27–29 September mendatang.

“Kami kerahkan sekitar 3.000 personel pengamanan. Kenapa banyak? Karena ini untuk pengamanan semua pintu menuju wilayah Provinsi NTB,” kata Kapolda NTB Irjen Pol. Drs. Umar Faroq S.H., M.Hum., dalam keterangannya, usai memimpin pelaksanaan rapat koordinasi lintas sektoral kesiapan pengamanan MotoGp 2024 di Mataram, Kamis (05/09) pagi tadi.

Jenderal Bintang Dua itu menjelaskan pintu masuk seluruh akses kedatangan menuju Pulau Lombok, seperti Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), Pelabuhan Kayangan, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Gili Mas, dan Pelabuhan Bangsal akan dijaga.

Ia juga menyampaikan tujuan pengerahan ribuan personel tersebut dilakukan mulai dari pintu masuk Pulau Lombok untuk memberikan rasa aman, nyaman dan kelancaran ajang balap motor kelas dunia tersebut.

“Karena dipastikan acara MotoGP tahun ini akan banyak penonton datang dari Bali, Kalimantan, Jawa, dan sebagainya, untuk itu semua akses kedatangan diamankan,” ujar Kapolda NTB.

Selain fokus pada acara di Sirkuit Mandalika, lanjut pucuk pimpinan tertinggi Polda NTB itu, pengamanan juga diberikan dalam parade para pembalap MotoGP yang akan berlangsung 25 September 2024 di Jalan Udayana, Kota Mataram. Ia menyebut dalam kegiatan tersebut, para pembalap mendapat kesempatan berinteraksi dengan masyarakat.

“Jadi, silakan datang, di sana (Jalan Udayana) kami tentunya akan melakukan pengamanan juga untuk memastikan semua rangkaian acara event motogp mandalika berlangsung aman, tertib dan lancar. Hal ini demi menjaga nama baik Indonesia khususnya Provinsi NTB di Mata Dunia,” Tutup Kapolda NTB.