Pilot Susi Air Bebas, Philip Mark Mehrtens Diselamatkan Tim Gabungan TNI-Polri

tribratanews.ntb.polri.go.id. – Setelah disandera selama satu setengah tahun oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Nduga, Papua, Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens, akhirnya berhasil dibebaskan. Penjemputan dilakukan oleh Tim Gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024.

Kepala Satuan Tugas (Ka Satgas) Humas Operasi Damai Cartenz 2024, Kombes Pol. Dr. Bayu Suseno, dalam keterangan resminya, Sabtu (21/09) mengungkapkan bahwa Philip dijemput dari Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga, dan langsung diterbangkan ke Mako Brimob Batalyon B di Timika.

“Ya benar, hari ini kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Dia diterbangkan dari Nduga langsung menuju Timika,” Jelas Kombes Pol Bayu.

Setelah tiba, kata Kombes Pol. Bayu, Philip Mark Mehrtens langsung dibawa ke ruang khusus untuk mitigasi medis, guna memastikan kondisi fisik dan psikologisnya stabil.

Sementara itu, Brigjen Pol Dr. Faizal Ramadhani, Kepala Operasi (Kaops) Satun Tugas (Satgas) Damai Cartenz 2024, menjelaskan bahwa tim menggunakan pendekatan lembut dalam proses pembebasan pilot susi air tersebut.

“Kami melibatkan tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat, dan keluarga dekat Egianus Kogoya untuk meminimalkan risiko korban jiwa dari aparat dan masyarakat, serta menjaga keselamatan pilot,” jelas Brigjen Pol. Faizal.

Setelah proses mitigasi selesai, pihak kepolisian berencana menggelar konferensi pers di Posko Operasi Damai Cartenz 2024 di Mako Brimob Batalyon B di Timika.