Pengarusutamaan Gender, Komitmen Polda NTB Cipatakan Lingkungan Kerja yang Adil dan Setara

tribratanews.ntb.polri.go.id – Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) menggelar kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender (PUG) dengan fokus pembahasan seputar Personal Branding bagi seluruh anggota Polwan dan PNS Wanita, Kamis (20/06).

Kegiatan peningkatan kemampuan yang digelar di Ballroom Hotel Lombok Aston Inn, Kota Mataram ini menghadirkan narasumber yang berkompeten pada bidang personal branding diantaranya Prof Atun Wardatun, Ipda Herman Hadi Basuki (Pak Bhabin), Indah Purwanti Ningsih dan Bimo.

Kapolda NTB Irjen Pol. Drs. R. Umar Faroq S.H., M.Hum saat membuka kegiatan tersebut menjelaskan terkait pentingnya pengarusutamaan gender dalam institusi guna menciptakan lingkungan kerja yang lebih inklusif dan berkeadilan pada setiap aspek tugas serta fungsi kepolisian.

“Hal ini sesuai dengan komitmen Polda NTB dalam menciptakan lingkungan kerja yang adil dan setara serta memberikan peluang yang sama bagi seluruh personel tanpa memandang jenis kelamin (Gender),” ucap dia.

Harapanya, sambung Irjen Umar Faroq, melalui kegiatan peningkatan kemampuan ini para personel polwan dan PNS wanita di lingkungan Polda NTB dapat lebih meningkatakan kepercayaan diri agar mampu menunjukkan kompetensinya dalam menjalankan tugas-tugas Kepolisian kedepan.

“Dengan pelatihan yang digelar ini, diharapkan para personel nantinya dapat mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam menjalankan tugas sehari-hari,” kata Kapolda NTB.

Pucuk pimpinan tertinggi Polda NTB itu menyebut bahwa pengarusutamaan gender bukan hanya tanggung jawab bagi perempuan saja. Tetapi juga merupakan tanggung jawab seluruh personel kepolisian.

“Oleh sebab itu, saya mengajak kita semua untuk bersama-sama menciptakan lingkungan kerja yang adil dan setara. Di mana setiap individu memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan berkontribusi,” tutupnya.