Patroli KRYD Upaya Polisi Siapkan Keamanan Jelang MotoGP dan Pilkada Serentak 2024

tribratanews.ntb.polri.go.id. – Patroli Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) digelar Kepolisian Resor (Polres) Lombok Tengah dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan nyaman menjelang perhelatan event internasional MotoGP Mandalika dan agenda nasional pesta Demokrasi Pilkada Serentak tahun 2024.

Pelaksanaan kegiatan patroli rutin ini menyasar kawasan selatan, mulai dari Bandara Zainuddin Abdul Madjid (Bizam) hingga Sirkuit Mandalika di Kuta. Kegiatan tersebut dipimpin langsung Wakapolres Lombok Tengah, Kompol Moh. Nasrullah, S.I.K., didampingi oleh Kabag Ops dan Kasat Samapta, Jumat (20/09) kemarin.

“Patroli KRYD skala besar ini kita laksanakan dalam rangka memelihara situasi keamanan wilayah menjelang dua event besar skala nasional dan internasional yang akan sama – sama dihelat dalam waktu dekat ini di Kabupaten Lombok Tengah,” jelas Wakapolres dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/09).

Kompol Nasrullah menyebut pihaknya telah membagi wilayah patroli menjadi tiga zona untuk saling mendukung antar Polsek. Terkait fokus utama pelaksanan KRYD, kata dia, yakni di sekitar lokasi rawan maupun objek vital.

“Fokus kami saat ini adalah dari bandara hingga sirkuit, karena kedua lokasi tersebut merupakan objek vital menjelang MotoGP. Ini juga merupakan langkah antisipasi terhadap potensi pencurian fasilitas umum seperti lampu penerangan jalan dan kabel di sepanjang jalan Bypass BIL menuju Sirkuit,” terangnya.

Sebagai bagian dari upaya peningkatan keamanan, pihaknya telah mendirikan beberapa pos pengamanan terpadu di lokasi strategis, termasuk di jalan bypass, Bandara Bizam, Pujut, Kopang, serta pos Shelter Sabhara di perbatasan Lombok Barat. Sebelumnya, patroli KRYD juga telah dilaksanakan sebulan lalu, namun kini dilakukan dengan peningkatan jumlah personel.

“Alhamdulillah, sampai saat ini, wilayah Lombok Tengah masih dalam keadaan aman terkendali. Ini berkat kerja keras dan kerjasama kita semua. Semoga situasi ini terus terjaga hingga pelaksanaan MotoGP dan Pilkada serentak 2024,” ungkap Nasrullah.

Wakapolres Lombok Tengah dalam kesempatan itu juga berharap pelaksanaan event MotoGP mandalika 2024 dan pilkada serentak di wilayah hukum Polres Lombok Tengah dapat berjalan aman, tertib dan lancar. Sehingga bisa memberikan dampak positif bagi kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.

“Mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban. Peran serta seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan untuk mensukseskan event MotoGP 2024 dan pengamanan Pilkada serentak 2024,” tutupnya.