Patroli Jalan Kaki Polres Bima Kota, Pantau Situasi Kamtibmas Wilayah

tribratanews.ntb.polri.go.id – Personel Kepolisian Resor (Polres) Bima Kota, Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) melaksanakan kegiatan patroli jalan kaki di sejumlah titik lokasi yang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat di wilayah tersebut.

“Patroli ini kita gelar dengan tujuan untuk memantau situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta memberikan himbauan langsung kepada warga untuk bersama pihak Kepolisian menjaga keamanan lingkungan,” ujar Kapolres Bima Kota AKBP Yudha Pranata S.I.K., S.H., saat dikonfirmasi, Sabtu (20/07).

AKBP Yuda menyebut, patroli jalan kaki yang digelar pihaknya ini merupakan bagian dari upaya Polres Bima Kota untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat dan memastikan situasi Kamtibmas wilayah tetap kondusif.

“Dengan patroli jalan kaki, kami bisa lebih cepat mendeteksi dan merespons setiap potensi gangguan keamanan. Selain itu, interaksi langsung dengan masyarakat memungkinkan kami untuk memberikan himbauan Kamtibmas secara lebih efektif,” ujar dia.

Dalam pelaksanaan kegiatan patroli tersebut, personel Sat Samapta Polres Bima Kota berinteraksi dengan warga dan memberikan beberapa himbauan penting terkait Kamtibmas. Masyarakat juga diimbau untuk selalu menjaga keamanan di lingkungan masing-masing.

“Keamanan adalah tanggung jawab kita bersama. Kami mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga ketertiban dan melaporkan setiap kejadian mencurigakan kepada pihak kepolisian,” kata Kapolres Bima Kota.

Selain itu, para personel juga mengingatkan warga untuk selalu mewaspadai potensi kejahatan jalanan, seperti pencurian ataupun penipuan. Petugas mengingatkan warga untuk tidak membawa barang berharga secara mencolok dan selalu menjaga barang bawaan saat berada di tempat keramaian.

“Anggota juga memastikan untuk masyarakat tidak mudah terprovokasi berita bohong. Selalu memverifikasi informasi sebelum menyebarkannya lebih lanjut. Karena Informasi yang tidak benar bisa menimbulkan kepanikan dan merugikan banyak pihak,” ujar dia.

Dengan adanya kegiatan patroli jalan kaki ini, diharapkan masyarakat dapat lebih proaktif dalam menjaga keamanan lingkungan dan menjalin kerjasama yang baik dengan pihak kepolisian. Polres Bima Kota bertekad untuk terus menciptakan situasi yang aman dan kondusif bagi seluruh warga Kota Bima.