Patroli Ditingkatkan Polisi, Pastikan Keamanan Jelang MotoGP 2024 di Sirkuit Mandalika

tribratanews.ntb.polri.go.id. – Menjelang gelaran bergengsi MotoGP tahun 2024 di Sirkuit Mandalika, pihak kepolisian khususnya Polres Lombok Tengah meningkatkan upaya-upaya keamanan demi menjaga kondisi yang kondusif di kawasan tersebut.

Hal ini sebagai bagian dari strategi kepolisian jelang MotoGP, peningkatan keamanan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dilakukan melalui patroli malam yang diperketat oleh  jajaran Kepolisian Resor (Polres) Lombok Tengah.

Kapolres Lombok Tengah AKBP Iwan Hidayat, S.I.K., dalam keterangannya, Selasa (17/09) mengungkapkan bahwa operasi keamanan yang ditingkatkan ini tidak hanya sebagai tindakan preemtif dan preventif, tetapi juga bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan gangguan 3C – curat, curas, dan curanmor – serta gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) lainnya.

“Selain untuk menjaga kondusifitas Ini juga bagian dari upaya antisipasi adanya potensi gangguan keamanan 3C (curat, curas dan curanmor) dan gangguan kamtibmas lainnya,” tegas Kapolres Lombok Tengah.

Dalam rangka peningkatan keamanan KEK Mandalika, Polres Lombok Tengah juga secara aktif memberikan pengarahan dan himbauan kepada masyarakat untuk mengajak mereka berperan aktif dalam menjaga keamanan.

“Hal ini bertujuan agar pelaksanaan event olahraga internasional seperti MotoGP Mandalika dapat terlaksana tanpa hambatan,” ujar AKBP Iwan Hidayat.

Dengan adanya sinergi yang baik antara kepolisian dan masyarakat, lanjut AKBP Iwan, berbagai persiapan penyelenggaraan event MotoGP Mandalika diharapkan dapat menciptakan sebuah acara yang tidak hanya sukses dari segi olahraga, tapi juga mampu memperkuat rasa aman bagi seluruh pihak yang terlibat, termasuk warga setempat.

“Tentunya peran serta dari para tokoh serta elemen masyarakat sangat kita butuhkan sehingga menjelang perhelatan MotoGP tanggal 27 s/d 29 September nanti dapat berjalan dengan lancar,” ucap Kapolres Lombok Tengah.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam menciptakan kondisi harkamtibmas wilayah Kabupaten Lombok Tengah yang aman, tertib dan senantiasa kondusif.

“Mari kita sama-sama ciptakan kamtibmas, dan mari kita antisipasi bersama hal hal yang berpotensi menimbulkan terjadinya gangguan kamtibmas, sehingga pelaksanaan kegiatan event MotoGP di Sirkuit Mandalika nantinya dapat berjalan aman tertib dan lancar,” pungkasnya.

Dalam konteks pengamanan event olahraga internasional seperti ini, Polres Lombok Tengah telah menunjukkan komitmennya untuk mengoptimalkan keamanan dan ketertiban. Dengan adanya langkah-langkah antisipatif tersebut, keamanan jelang MotoGP 2024 di Sirkuit Mandalika diharapkan menjadi prioritas yang dapat diwujudkan demi kesuksesan acara yang mendunia dan mengundang perhatian secara global.