Ops Patuh Rinjani di Sumbawa, Polisi Sosialisasi Tertib Lalu Lintas di Sekolah

tribratanews.ntb.polri.go.id – Dalam pelaksanaan Operasi Patuh Rinjani 2024, Polres Sumbawa tidak hanya melakukan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas. Namun juga melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas di sejumlah sekolah, mulai dari tingkat TK hingga SMA.

Seperti yang dilakukan hari ini, Kamis (25/07), Sat Lantas Polres Sumbawa yang dipimpin langsung oleh Kanit Kamsel Lantas Aiptu Usmanto bersama anggotanya mengunjungi SMAK ST. Gregorius Sumbawa dan TK Sandi Putra untuk memberikan sosialisasi kepada siswa/wi disana.

“Disana petugas melaksanakan sosialisasi tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas. Kemudian memberikan pemahaman Terkait etika berkendara yang baik serta peraturan perundang-undangan di bidang lalu lintas,” terang Kasat Lantas Polres Sumbawa AKP Edwin Isa Mahendra, S.I.K., dalam keterangannya.

Ia menegaskan bahwa kegiatan sosialisasi kepada pelajar tersebut merupakan program pendukung dalam Operasi Patuh Rinjani Tahun 2024 di Polres Sumbawa. Hal ini guna menanamkan budaya tertib berlalu lintas di kalangan remaja atau pelajar.

“Tujuannya agar pelajar nantinya menjadi pelopor dalam keselamatan berlalu lintas. Demi mewujudkan Sitkamseltibcar Lantas yang Aman dan Nyaman bagi seluruh masyarakat di Sumbawa,” ujar AKP Edwin.

AKP Edwin menyebut upaya yang dilakukan pihaknya tersebut merupakan wujud komitmen dan keseriusan Polri dalam menciptakan budaya tertib berlalu lintas di masyarakat sehingga diharapkan mampu mengurangi fatalitas kecelakaan di jalan raya.

“Harapannya sosialisasi itu dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman pelajar tentang aturan lalu lintas. Kami (Polri) akan terus memberikan himbauan secara massif kepada seluruh masyarakat,” tutup Kasat Lantas Polres Sumbawa.